EFEKTIVITAS PERAN CASE MANAGER DALAM UPAYA MENINGKATKAN KENDALI MUTU DAN KENDALI BIAYA PELAYANAN RAWAT INAP INTENSIF PESERTA PROGRAM JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) DI RSUP DR. HASAN SADIKIN BANDUNG

SALAS AULADI, NPM : 158020024 (2019) EFEKTIVITAS PERAN CASE MANAGER DALAM UPAYA MENINGKATKAN KENDALI MUTU DAN KENDALI BIAYA PELAYANAN RAWAT INAP INTENSIF PESERTA PROGRAM JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) DI RSUP DR. HASAN SADIKIN BANDUNG. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Jurnal - Salas Auladi 158020024.pdf

Download (527kB) | Preview

Abstract

Case manager atau manajemen pelayanan pasien merupakan sebuah terobosan yang ditawarkan oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) untuk memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu namun tetap memperhatikan pembiayaan terutama pada era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Pasien yang menjalani perawatan intensif merupakan area tatalaksana dari seorang case manager. Case manager dapat berperan dalam membantu pencapaian indikator mutu unit pelayanan dan pembiayaan pasien yang efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menganalisis efektivitas peran case manager dalam upaya. pengendalian mutu pelayanan kesehatan dan kendali biaya kesehatan di RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif dengan pendekatan studi deskriptif kualitatif. Partisipan penelitian ini adalah Profesional pemberi asuhan (PPA) yang meliputi Dokter Penanggung Jawab Pasien (DPJP), perawat, farmasi, ahli gizi dan administrasi; manajemen rumah sakit dalam hal ini Kepala Instalasi Intensif serta kepala ruangan perawatan intensif; pasien/keluarga pasien; bagian klaim / P3JKN; serta BPJS Kesehatan. Metoda pengumpulan data yang digunakan adalah observasi (pengamatan), deep interview (wawancara mendalam), serta dokumentasi. Hasil yang didapatkan adalah peran case manager di ruang perawatan intensif RSUP Dr. Hasan Sadikin dinilai belum efektif dalam mengoptimalkan asuhan pasien terintegrasi serta membantu meningkatkan kolaborasi interprofesi, memfasilitasi pemenuhan kebutuhan asuhan pasien, termasuk keluarga dan pemberi asuhannya. Case manager juga belum berperan secara efektif dalam meningkatkan upaya pengendalian mutu dan pengendalian biaya pelayanan kesehatan peserta program JKN. Faktor yang mempengaruhi hal tersebut diantaranya adalah faktor internal case manager yang meliputi kompetensi case manager itu sendiri dan adanya petugas case manager yang merangkap pekerjaan lain. Sedangkan faktor dari sisi manajemen yang lebih luas meliputi pemberian reward kepada petugas case manager dan juga dibentuknya sistem dan evaluasi yang baik dalam implementasinya. Selain itu, sosialisasi mengenai case manager juga diyakini mampu mengoptimalkan peran case manager. Kata Kunci: Case manager, program JKN, kendali mutu, kendali biaya, ruang perawatan intensif.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 14 Oct 2019 05:04
Last Modified: 17 Oct 2019 08:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45884

Actions (login required)

View Item View Item