KUALITAS PELAYANAN DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SUMEDANG (Studi Pendataan E-KTP Tahun 2014-2019)

Rahmat Iqbal, 152010198 (2019) KUALITAS PELAYANAN DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SUMEDANG (Studi Pendataan E-KTP Tahun 2014-2019). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (21kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (24kB)
[img]
Preview
Image
image1.jpeg

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB I.docx

Download (26kB)
[img] Text
cover.docx

Download (327kB)
[img] Text
BAB II 2.docx

Download (67kB)

Abstract

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumedang merupakan salah satu instansi pemerintaha yang bergerak dalam bidang pelayanan dalam koridor kepemerintahan. Dalam melaksanakan tugasnya pemerintah, mengacu pada peraturan perundang-undangan dan juga peraturan daerah yang ada di Kabupaten Sumedang. Salah satu tugas yang dijalani adalah tugas pelayanan,dalam hal ini pelayanan e-KTP untuk warga Kabupaten Sumedang. Objek penelitian diambil berlokasi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumedang. Penelitian memperoleh data dan informasi mengenai bagaimana kualitas pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumedang studi pendataan e-KTP apakah telah diterapkan dengan baik sesuai dengan peraturan pemerintahan atau belum. Faktor apa saja yang menghambat kualitas pelayanan dan bagaimana usaha-usaha yang dilakukan untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dimana teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara (indepth interview,) observasi dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan data sekunder dan data primer yang diperoleh dalam penelitian ini diolah melalui prosedur kualitatif yaitu reduksi, penyajian dan verifikasi data dengan memperhatikan konteks penelitian yang terdiri dari latar belakang peristiwa, sitausi dan empiris yang berkaitan dengan objek penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah bagaimana kualitas pendataan e-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumedang telak cukup baik. Yang menjadi hambatan dalam kualitas pelayanan adalah kurangnya fasilitas, kurangnya pegawai, dan bangunannya yang sempit dan mulai tua. Namun pemerintah pusat meupun kepala Dinas masih terus melakukan upaya guna memperbaiki kualitas pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumedang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bagaimana kualitas pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumedang, faktor-faktor apa saja yang menghambat kualitas pelayanan dan usaha apa saja untuk mengatas hambatan yang ada di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumedang. Saran yang dapat peneliti berikan kepada Kepala Dinas dan Petugas yang bekerjadi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabup aten Sumedang ini adalah perlu perbaikan dan pembaruan dan penambahan fasilitas, perlunya penambahan pegawai di intansi Kantor Dinas, perlunya peluasan gedung dan juga perbaikan gedung yang sudah mulai tua, dan diharapkan peran internal dari aparatur pemerintah tetapi harus adanya peran masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2015
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 14 Oct 2019 03:30
Last Modified: 14 Oct 2019 03:30
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45875

Actions (login required)

View Item View Item