PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE AND SHARE (SSCS) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KONEKSI MATEMATIS SERTA DAMPAKNYA TERHADAP SELF CONFIDENCE SISWA MTS

Siti Nursadiah, NPM : 168060055 (2019) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE AND SHARE (SSCS) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KONEKSI MATEMATIS SERTA DAMPAKNYA TERHADAP SELF CONFIDENCE SISWA MTS. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL SITI NURSADIAH.docx

Download (0B)

Abstract

Siti Nursadiah,(2019). Penggunaan Model Pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) dalam Upaya Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Koneksi Matematis serta Dampaknya Terhadap Self Confidence Siswa MTs. Rendahnyakemampuanpemahaman konsepdan koneksi matematis serta Self Confidence siswa MTs Ar-Rohmah Bandungmerupakanpermasalahan yang menuntutguruuntukdapatmenciptakandanmenggunakansuatupendekatanbaru dalampembelajaran.Penelitianinimerupakanmetodecampuran (Mixed Method) tipeEmbedded DesaindenganjenisEmbedded experimental modeldengandesainpenelitianberbentukpretes-postescontrol grupdesign, bertujuanuntukmelakukanstudi yang berfokuspadapenggunaanmodel pembelajaranSearch, Solve, Create and Share (SSCS), yang didugadapatmeningkatkankemampuanpemahaman konsepdankoneksi matematisserta dampaknya terhadap Self Confidence siswa. Populasidalampenelitianiniadalahsiswa MTs Ar-Rohmah Bandung.Pemilihansampeldilakukandaripopulasinyasecarapurposif (purposive sampling)2 kelasyang pada tahun ajaran 2018/2019. Kelas VIII-Adiberikanperlakuandenganmodel Search, Solve, Create and Share (SSCS)dankelas VIII-B denganpembelajarankonvensional. Instrumen yang digunakandalampenelitianiniadalahteskemampuanpemahaman konsep, tes kemampuan koneksi matematis, dan angketSelf Confidence, lembar observasi, dan wawancara.Berdasarkananalisis data diperolehkesimpulanbahwa (1) Peningkatan kemampuanpemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) lebihbaikdaripadapeningkatan kemampuankemampuan pemahaman konsep matematis siswakelompok tinggi, sedang dan rendah yang memperolehpembelajarankonvensional, (2) Peningkatan kemampuankoneksi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) lebihbaikdaripadapeningkatan kemampuankemampuan koneksi matematis siswa kelompoktinggi, sedang dan rendah yang memperolehpembelajarankonvensional, (3) Self confidence siswa tinggi, sedang dan rendah yang memperolehmodel Search, Solve, Create and Share (SSCS)lebih baik self confidence siswa kelompok tinggi, sedang dan rendah yang memperoleh pembelajaran konvensional, (4) Terdapat pengaruh positif self confidence terhadap kemampuan pemahaman konsep, 5) Terdapat pengaruh postif self confidence terhadap kemampuan koneksi 6)Terdapat hubunganpositif antara kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan kemampuan koneksi matematis siswa. Kata kunci: Search, Solve, Create and Share (SSCS), kemampuanpemahaman konsep, kemampuanKoneksi, Self Confidencesiswa.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 12 Oct 2019 06:32
Last Modified: 12 Oct 2019 06:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45715

Actions (login required)

View Item View Item