PERBUATAN MELAWAN HUKUM PT. GOJEK INDONESIA DALAM PEMBLOKIRAN AKUN KONSUMEN GOJEK SECARA SEPIHAK YANG MENGAKIBATKAN KERUGIAN DIHUBUNGKAN DENGAN BUKU III KUHPERDATA

Ahmad Hilman Winata, 151000148 (2019) PERBUATAN MELAWAN HUKUM PT. GOJEK INDONESIA DALAM PEMBLOKIRAN AKUN KONSUMEN GOJEK SECARA SEPIHAK YANG MENGAKIBATKAN KERUGIAN DIHUBUNGKAN DENGAN BUKU III KUHPERDATA. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Hukum Universitas Pasundan.

[img] Text
A. COVER.docx.pdf

Download (0B)
[img] Text
D. DAFTAR ISI.pdf

Download (0B)
[img] Text
F. BAB I.pdf

Download (0B)
[img] Text
I. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Text
H. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Text
G. BAB II.pdf

Download (0B)
[img] Text
J. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (0B)

Abstract

Perbuatan melawan hukum merupakan perbuatan yang dapat merugikan orang lain dan tiap perbuatan yang melanggar hukum dan membawa kerugian kepada orang lain mewajibkan orang yang menimbulkan kerugian itu karena kesalahannya untuk menggantikan kerugian tersebut. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui, mengkaji dan menganalisis tentang perbuatan melawan hukum yang dilakukan oleh PT. GOJEK Indonesia terkait pemblokiran akun konsumen secara sepihak akibat hukum atas perbuatan melawan hukum yang dilakukan oleh PT. GOJEK Indonesia terkait pemblokiran akun konsumen secara sepihak dihubungkan dengan Buku III Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, dan penyelesaian sengketa atas perbuatan melawan hukum yang dilakukan oleh PT. GOJEK Indonesia terkait pemblokiran akun konsumen secara sepihak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini bersifat Deskriptif Analitis yaitu menggambarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku dikaitkan dengan teori-teori hukum dan praktek pelaksanaan hukum positif yang menyangkut permasalahan, dengan pendekatan Yuridis Normatif yaitu penelitian menekankan pada ilmu hukum, tetapi disamping itu juga berusaha menelaah kaidah-kaidah hukum yang berlaku dalam masyarakat, Tahap penelitian dilakukan melalui tahap Penelitian Kepustakaan menggunakan bahan-bahan hukum primer seperti peraturan perundang-undangan, bahan hukum skunder sebagai penjelas mengenai bahan hukum primer berupa buku-buku yang ada hubungannya dengan penulisan Skripsi dan bahan hukum tersier sebagai bahan hukum penjelasan terhadap bahan hukum primer dan bahan hukum skunder, serta penelitian lapangan yaitu menggunakan data lapangan untuk memperoleh data primer sebagai penunjang data skunder dalam bentuk pengambilan data, Teknik Pengumpulan data berupa Studi Dokumen yaitu suatu alat pengumpulan data yang digunakan melalui data tertulis dan wawancara, yaitu cara untuk memperoleh informasi dengan bertanya langsung pada yang diwawancarai. Alat pengumpul data dalam studi kepustakaan berupa catatan tentang bahan-bahan hukum yang relevan dengan topik penelitian dan dalam studi lapangan berupa daftar pertanyaan, alat perekam suara seperti tape recorder dan juga flashdisk. Data Analisis dalam penelitian ini menggunakan yuridis kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa; Perbuatan melawan hukum yang dilakukan oleh PT GOJEK Indonesia terkait pemblokiran akun konsumen secara sepihak tanpa adanya pemberitahuan atau alasan terkait pemblokiran tersebut; Akibat hukum dari perbuatan melawan hukum tersebut Alvin Lie sebagai konsumen GOJEK mengalami kerugian berupa saldo Go-pay yang tidak dapat digunakan sebesar Rp. 350.000,- dan mewajibkan PT GOJEK Indonesia untuk mengganti kerugian tersebut. Upaya penyelesaian sengketa akibat perbuatan melawan hukum tersebut, Alvin Lie mengadukan PT GOJEK Indonesia kepada Bank Indonesia untuk dipulikan hak-haknya sebagai konsumen. Kata Kunci: Perbuatan Melawan hukum, Perlindungan Konsumen, Uang Elektronik, Buku III KUH Perdata.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2018
Depositing User: Lilis Atikah
Date Deposited: 12 Oct 2019 06:20
Last Modified: 12 Oct 2019 06:20
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45713

Actions (login required)

View Item View Item