PEMBELAJARAN MENELAAH PERMASALAHAN UNSUR FISIK TEKS PUISI BERORIENTASI PADA DIKSI (HIPONIMI) MENGGUNAKAN METODE MEANS-ENDS ANALYSIS PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 43 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

YESI AGUSTIANI, 155030076 (2019) PEMBELAJARAN MENELAAH PERMASALAHAN UNSUR FISIK TEKS PUISI BERORIENTASI PADA DIKSI (HIPONIMI) MENGGUNAKAN METODE MEANS-ENDS ANALYSIS PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 43 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (668kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrack.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Sunda.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (336kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (91kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Membaca merupakan suatu upaya untuk memperoleh pesan atau informasi. Dalam membaca, pembaca dituntut untuk mampu memahami dan menemukan makna yang terdapat dalam suatu bacaan. Tujuan membaca yang jelas dan terarah akan membantu pembaca dalam mendapatkan informasi yang disampaikan oleh penulisMetode pembelajaran means-ends analysis merupakan variasi dari pembelajaran berbasis masalah dengan strategi untuk menganalisis permasalahan melalui berbagai cara untuk mencapai tujuan akhir yang diinginkan. Hal ini tentu menjadikan pembelajaran dengan menggunakan metode means-ends analysis dapat menjadikan peserta didik mampu melakukan pembelajaran dengan memecahkan masalah dengan tujuan akhir yang diinginkan sesuai dengan arahan dari pendidik Penulis tertarik mengangkat judul skripsi “pembelajaran menelaah permasalahan unsur fisik teks puisi berorientasi pada diksi (hiponimi) menggunakan metode Means-Ends Analysis (MEA) di SMPN 43 Bandung Tahun Pelajaran 2019/2020.” Adapun hasil penelitian, yaitu: 1) Penulis mampu merancanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menelaah permasalahan unsur fisik teks puisi berorientasi pada diksi (hiponimi) menggunakan metode Means-Ends Analysis (MEA). Penulis mendapatkan nilai rata-rata sebesar 3,6. Sedangkan pada kelas kontrol penulis menggunakan metode diskusi, penulis mendapatkan nilai rata-rata sebesar 3,5. Maka, berdasarkan kriteria penilaian, penulis mendapatkan nilai A (sangat baik). Peserta didik mampu menelaah permasalahan unsur fisik teks puisi berorientasi pada diksi (hiponimi). Dibuktikan dari nilai rata-rata hasil pretes kelas eksperimen sebesar 31,20, dan postes 80,13. Sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata hasil pretes sebesar 29,47 dan postes sebesar 53,93. Hasil belajar peserta didik kelas eksperimen lebih unggul dibandingkan dengan kelas kontrol dengan peningkatan sebesar 325,00>298,00. Metode Means-Ends Analysis yang digunakan pada kelas eksperimen lebih efektif dibandingkan dengan metode diskusi yang digunakan pada kelas kontrol. Hal ini dibuktikan pada Uji Mann Whitney (Gain) yang membuktikan hasil signifikasi 0,000. Apabila nilai Sig. 0,000 < 0,05 maka hipotesis diterima. Berdasarkan hasil tersebut penulis menyimpulkan bahwa metode Means-Ends Analysis lebih efektif digunakan pada pembelajaran menelaah permasalahan unsur fisik teks puisi berorientasi pada diksi (hiponimi). Kata Kunci: Membaca, teks puisi, means-ends analysis.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 11 Oct 2019 08:41
Last Modified: 11 Oct 2019 08:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45694

Actions (login required)

View Item View Item