PEMANFAATAN MAPKIT DAN CORE LOCATION UNTUK APLIKASI BERBASIS IOS MENGGUNAKAN LAYANAN BERBASIS LOKASI (Studi Kasus: Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung)

Lut Dinar Fadila, 14.304.0229 and Ayi Purbasari, DS and Wanda Gusdya, DS (2019) PEMANFAATAN MAPKIT DAN CORE LOCATION UNTUK APLIKASI BERBASIS IOS MENGGUNAKAN LAYANAN BERBASIS LOKASI (Studi Kasus: Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan.

[img]
Preview
Text
Lut Dinar Fadila_143040229_Teknik Informatika(1).pdf

Download (497kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Perkembangan teknologi informasi saat ini terus berkembang diantaranya teknologi smartphone (ponsel cerdas). Smartphone dengan sistem operasi iOS memiliki tingkat penjualan tertinggi kedua di Indonesia. iOS adalah sistem operasi mobile dibuat dan dikembangkan oleh Apple. Perkembangan smartphone memberikan peningkatan pada penggunaan internet. Penggunaan internet pada smartphone mendukung layanan berbasis lokasi yang merupakan sebuah layanan yang diakses melalui perangkat bergerak melalui jaringan untuk mengetahui posisi pengguna. Layanan berbasis lokasi dapat digunakan untuk membantu dalam penanganan layanan darurat, seperti kebakaran dan bencana. Layanan berbasis lokasi pada perangkat lunak iOS dapat diimplementasikan dengan memanfaatkan kerangka kerja MapKit dan Core Location. MapKit merupakan kerangka kerja untuk menampilkan peta atau citra satelit langsung pada antarmuka aplikasi. Core Location merupakan kerangka kerja untuk menangani penggunaan layanan lokasi pada perangkat, termasuk menggunakan perangkat keras yang tersedia pada perangkat seperti GPS. Pada tugas akhir ini membangun perangkat lunak untuk permintaan bantuan layanan darurat berbasis iOS menggunakan layanan berbasis lokasi dengan memanfaatkan kerangka kerja MapKit dan Core Location serta menerapkan metode pembangunan waterfall. Kata kunci : MapKit, Core Location, iOS, Apple, Permintaan Bantuan Layanan Darurat, Waterfall, Layanan Berbasis Lokasi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Uncontrolled Keywords: MapKit, Core Location, iOS, Apple, Permintaan Bantuan Layanan Darurat, Waterfall, Layanan Berbasis Lokasi.
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 11 Oct 2019 08:36
Last Modified: 11 Oct 2019 08:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45692

Actions (login required)

View Item View Item