ANALISIS POSTUR KERJA PADA PEKERJA PENGELASAN BODY HULL (Panser ANOA & BADAK) DENGAN METODE KUESIONER NORDIC BODY MAP, DAN RULA (STUDI KASUS : PT.PINDAD (Persero) JAWA BARAT)

TIARA DWI JUWITASARI, 143010033 and SYAKUR AMIN, DS and ERWIN MAULANA PRIBADI, DS (2019) ANALISIS POSTUR KERJA PADA PEKERJA PENGELASAN BODY HULL (Panser ANOA & BADAK) DENGAN METODE KUESIONER NORDIC BODY MAP, DAN RULA (STUDI KASUS : PT.PINDAD (Persero) JAWA BARAT). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan.

[img]
Preview
Text
LAPORAN TUGAS AKHIR.pdf

Download (99kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Di era yang globalisasi saat ini, banyaknya persaingan bisnis di bidang industri ini yang sangat berkempang begitu pesat. Sehingga banyak para perusahaan yang membangun usaha di bidang perindustrian. Faktor kunci keberhasilan dalam sebuah perusahaan yaitu sumber daya manusianya. Manusia tidak akan luput dari kesalahan. Kesalahan yang sering terjadi adalah posisi atau sikap kerja yang salah pada saat melakukan pekerjaa. Resiko cedera yang sering terjadi pada keluhan sistem muskuloskeletal atau muskulokeletal disorder (MSDs). Keluhan muskulokeletal disorder (MSDs) adalah keluhan pada bagianbagian otot skeletal yang dirasakan oleh seseorang mulai dari keluhan sangat ringan sampai sangat sakit. Metode pemecahan masalah yang digunakan adalah dengan metode Nordic Body Map, yaitu lembar kuesioner yang berisi 28 pertanyaan mengenai keluhan pada bagian tubuh yang gunany mengetahui apakah pekerja mengalami rasa sakit yang diakibatkan oleh proses pengelasan. Selanjutnya metode RULA maka dapat diketahui anggota tubuh bagian mana saja yang mendapatkan skor yang tinggi sehingga mengindikasikan bahwa postur tubuh tersebut tidak baik bagi kesehatan. Hasil penelitian menunjukan bahwa skor RULA dikelompokkan ke dalam 4 level tindakan yang harus dilakukan. Kata Kunci : Nordic Body Map, RULA (Rapid Upper Limb Assesment), muskulokeletal disorder (MSDs)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Uncontrolled Keywords: Muskulokeletal Disorder (MSDs), Nordic Body Map, RULA (Rapid Upper Limb Assesment
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 11 Oct 2019 08:25
Last Modified: 11 Oct 2019 08:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45689

Actions (login required)

View Item View Item