HUBUNGAN ANTARA SOSIALISASI SANTRI BARU DENGAN PERILAKU SOSIALNYA DI PONDOK PESANTREN AL-ISTIQOMAH WANASARI CIJERAH BANDUNG

Firza Fardhani, 152020065 (2019) HUBUNGAN ANTARA SOSIALISASI SANTRI BARU DENGAN PERILAKU SOSIALNYA DI PONDOK PESANTREN AL-ISTIQOMAH WANASARI CIJERAH BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (120kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Hubungan Antara Sosialisasi Santri Baru Dengan Perilaku Sosialnya Di Pondok Pesantren Al-Istiqomah Wanasari Cijerah Bandung”. Sosialisasi merupakan proses interaksi sosial melalui dengan cara berpikir, berperasaan dan berperilaku agar dapat berperan serta di dalam masyarakat. Perilaku sosial merupakan bagaimana sikap dalam bermasyarakat dengan saling ketergantungan yang merupakan keharusan untuk menjamin kebutuhan hidup sebagai diri pribadi tidak dapat melakukan segalanya secara sendiri. Tujuan dari penelitian ini untuk meneliti bagaimana sosialisasi dan perilaku sosial santri baru ketika harus bertemu dengan lingkungan baru di pondok pesantren tersebut. Setiap santri baru ketika pertama kali datang ke pondok pesantren atau lingkungan pondok pesantren pasti mengalami kesusahan dalam beradaptasi dan berinteraksi dengan teman sesama santri, untuk itu peneliti tertarik meneliti mengenai hal tersebut. Metode yang digunakan adalah deskritif analisis, dan teknik pengumpulan data adalah observasi non partisipan, angket dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah santri baru yang berada di pondok pesantren Al-Istiqomah Wanasari Cijerah Bandung yaitu sebanyak 35 orang santri. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan teknik random sampling. Skala dalam penelitian ini menggunakan skala ordinal. Untuk pengujian menggunakan uji statistik non parametik dengan menggunakan uji Rank Spearman (rs). Dari hasil perhitungan penelitian dapat dilihat bahwa hubungan atau korelasi antara Sosialisasi Santri baru dengan hubungan timbal baliknya di Pondok Pesantren Al-Istiqomah Wanasari Cijerah Bandung sebesar 0,543, hal ini menunjukkan korelasi yang kuat dan searah, sehingga dapat dikatakan apabila sosialisasi santri baru tinggi maka hubungan timbal baliknya di Pondok Pesantren Al-Istiqomah Wanasari Cijerah Bandung akan tinggi pula dengan besar hubungan 54,3%. Kata kunci: sosialisasi, perilaku sosial, pondok pesantren.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Kesejahteraan Sosial 2015
Depositing User: Mr Iwan Ridwan Iwan
Date Deposited: 11 Oct 2019 08:08
Last Modified: 11 Oct 2019 08:08
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45683

Actions (login required)

View Item View Item