ANALISIS HUBUNGAN KATEGORI LAHAN, JARAK DAN UTILITAS TERHADAP HARGA LAHAN UNTUK PEMBANGUNAN KAWASAN INDUSTRI (STUDI KASUS : DESA CIBOGO, KABUPATEN SUBANG)

DADAN GUMILAR, 123010111 and Riza Fathoni Ishak, ds and Edi Gunadi, DS (2019) ANALISIS HUBUNGAN KATEGORI LAHAN, JARAK DAN UTILITAS TERHADAP HARGA LAHAN UNTUK PEMBANGUNAN KAWASAN INDUSTRI (STUDI KASUS : DESA CIBOGO, KABUPATEN SUBANG). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan.

[img]
Preview
Text
Dadan Gumilar_123010111_Teknik Industri.pdf

Download (264kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Memasuki era industri 4.0, Pemerintah Indonesia menghadapi berbagai tantangan yang tidak dapat dihindari. Salah satunya adalah peralihan perekonomian dari ekonomi tradisional yang dititikberatkan pada pertanian dan perkebunan menuju perekonomian modern yang dititikberatkan pada sektor industri. Hal ini menimbulkan permasalahan baru yang cukup kompleks salah satunya adalah kebutuhan akan lahan semakin meningkat karena adanya rencana pengembangan kawasan industri. Hal ini menuntut pemerintah setempat untuk membuat kebijakan baru terkait tata guna lahan dan kebijakan industri. Desa Cibogo merupakan sebuah desa yang terletak di kabupaten Subang dengan luas wilayah 721 Ha, memiliki luas pesawahan seluas 202 Ha dan luas daratan 519 Ha. Permasalahan yang dihadapi di Desa Cibogo mulai dari ketersediaan lahan hingga harga lahan yang mahal akibat adanya rencana pengembangan kawasan industri. Maka diperlukan adanya kajian atau penelitian untuk menganalisis permasalahan ini. Urutan pengolahan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan format penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan ada 2 yaitu data primer dan data sekunder. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, observasi langsung dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan terdapat 16 pertanyaan yang diajukan kepada 82 responden pemilik lahan >= 1 Ha yang di uji dengan menggunakan pengujian validitas dan reliabilitas, analisis regresi dan korelasi. Dalam analisis ini terdapat 3 variabel bebas yang dianggap dapat memberikan pengaruh terhadap harga lahan yaitu Kategori Lahan (X1), Jarak (X2) dan Utilitas (X3) selain itu variabel terikat adalah Harga Lahan (Y). Dari hasil penelitian ditemukan 2 variabel bebas yang paling dominan mempengaruhi variabel Harga Lahan (Y) yaitu variabel Kategori Lahan (X1) dan Jarak (X2). Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat memberikan usulan maupun pertimbangan pemerintah setempat sebagai dasar dari pengambilan keputusan dalam penerapan aturan dan kebijakan. Kata Kunci : Kategori Lahan, Jarak, Utilitas, Harga Lahan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Uncontrolled Keywords: Kategori Lahan, Jarak, Utilitas, Harga Lahan
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 11 Oct 2019 07:44
Last Modified: 11 Oct 2019 07:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45677

Actions (login required)

View Item View Item