Endis, 155030033 (2019) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PERSUASI BERDASARKAN STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN MENGGUNAKAN METODE IMAGE STREAMING PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 33 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT INGGRIS.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (339kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (606kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (617kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (427kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (218kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 33 Bandung dengan tujuan mengetahui kemamapuan peserta didik dalam pembelajaran menulis. Menulis merupakan kegiatan yang produktif, sebab dalam proses akhirnya akan menghasilkan sebuah tulisan. Teks persuasi merupakan teks yang berisi informasi untuk mengajak/membujuk pembaca untuk mengikuti kemauan penulis itu sendiri. Pada penelitian ini, peneliti membuat perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran menulis teks persuasi berdasarkan strukur dan kaidah kebahasaan pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 33 Bandung. Peneliti menggunakan metode image streaming pada pembelajaran tersebut dengan harapan dapat meningkatkan kemampuan menulis pada peserta didik dan mengetahui keefektifan metode image streaming dalam pembelajaran. Peneliti menggunakan dua tes dalam pelaksanaan penelitian ini diantaranya, tes awal atau prates dan tes akhir atau pascates. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti meliputi, observasi, tes, kajian pustaka, dan uji coba. Hasil yang didapatkan peneliti dalam melakukan penelitian ini lalu diolah menggunakan aplikasi IBM SPSS 25.0 for windows. Nilai yang diperoleh dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,13. Pembelajaran menuliskan teks persuasi berdasarkan strukur dan kaidah kebahasaan menggunakan metode image streaming pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 33 Bandung mengalami perubahan dari hasil test statistics dalam uji Mann-Whitney dapat diketahui bahwa, nilai Asymp.Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai 0,05 karena itu hipotesis diterima. Demikian adanya perbedaan signifikan dari hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kontrol. Hal ini membuktikan bahwa kemampuan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 33 Bandung mengalami peningkatan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Image streaming, menulis, teks persuasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 11 Oct 2019 07:24 |
Last Modified: | 11 Oct 2019 07:24 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45671 |
Actions (login required)
View Item |