PELAKSANAAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA BERBASIS KOMPETENSI DI PUSKESMAS CIKONENG KABUPATEN CIAMIS (Studi Kasus bagian loket pendaftaran dan arsip rekam medik Puskesmas Cikoneng, Ciamis)

Muhammad Zaky Mikail Rafsanjani MR, 152010169 (2019) PELAKSANAAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA BERBASIS KOMPETENSI DI PUSKESMAS CIKONENG KABUPATEN CIAMIS (Studi Kasus bagian loket pendaftaran dan arsip rekam medik Puskesmas Cikoneng, Ciamis). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Image
Pengesahan.png

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (56kB) | Preview

Abstract

Manajemen Sumber Daya Manusia Berbasis Kompetensi merupakan penggunaan sejumlah kompetensi untuk mengelola SDM dalam rangka mencapai kinerja superior dan hasil optimal yang relevan dengan strategi yang telah ditetapkan oleh organisasi. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk menganalisis manajemen sumber daya manusia berbasis kompetensi di Puskesmas Cikoneng sehingga mampu memberikan sumbangan dalam pencapaian tujuan organisasi puskesmas dan keberhasilan memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat. Pendekatan penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus.Cara untuk menentukan informan yang peneliti lakukan adalah teknik purposive sampling (sampel bertujuan). Informan dalam penelitian ini dicari terdiri dari Kepala Puskesmas Cikoneng, Kepala Sub Bagian Tata Usaha, dan pegawai puskesmas yang dapat diwawancara sesuai dengan manajemen sumber daya manusia berbasis kompetensi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi kepustakaan dan studi lapangan yang terdiri dari observasi partisipan, wawancara, dokumentasi, dan berdasarkan informan. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis sebelum di lapangan dan analisis setelah di lapangan yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan perpanjang pengamatan, peningkatan ketekunan, dan triangulasi. Hasil penelitian menggambarkan manajemen sumber daya manusia berbasis kompetensi yang terus menerus ditingkatkan. Budaya organisasi yang terlihat adalah adanya partisipasi aktif dari seluruh pegawai dalam setiap kegiatan. Kepemimpinan yang tidak otoriter dan intsruksi yang diberikan juga merupakan instruksi yang jelas. Komitmen yang ada mendorong terciptanya kolaborasi dan dialog intensif yang sifatnya konsultatif. Komunikasi yang dilakukan oleh pegawai puskesmas berlangsung dengan terbuka baik secara formal maupun non-formal. Kata Kunci: Manajemen Sumber Daya Manusia Berbasis Kompetensi, MSDM-BK, Puskesmas.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2015
Depositing User: Mr Iwan Ridwan Iwan
Date Deposited: 11 Oct 2019 06:29
Last Modified: 11 Oct 2019 06:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45653

Actions (login required)

View Item View Item