PEMBELAJARAN MENULIS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE CIRC BERBASIS TAYANGAN VIDEO PADA SISWA KELAS X SMA PASUNDAN 1 CIMAHI TAHUN AJARAN 2019/2020

Fatur Dwi Laksono, 155030111 (2019) PEMBELAJARAN MENULIS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE CIRC BERBASIS TAYANGAN VIDEO PADA SISWA KELAS X SMA PASUNDAN 1 CIMAHI TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1.Cover.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. lembar pengesahan.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.Abstak.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.Abstrack.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.Ringkesan.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14.Bab1.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15.Bab2.pdf

Download (192kB) | Preview
[img] Text
16.Bab3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB)
[img] Text
17.Bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
18.Bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img]
Preview
Text
19.Daftar Pustaka.pdf

Download (52kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat seseorang dalam menulis untuk peserta didik. Minat rendah dalam keterampilan menulis, terutama dalam menulis teks laporan hasil observasi. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi pada penelitian ini menggunakan metode CIRC berbasis tayangan video. Metode CIRC berbasis tayangan video adalah metode yang digunakan untuk membuat peserta didik mampu memberikan masukan dan kritik dari teks laporan sehingga peserta didik menjadi aktif dan kreatif. Penelitian ini dilakukan di SMA Pasundan 1 Cimahi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Quasi Eksperimental Design dan Pre-test Post-test Control Group Design, yaitu menggunakan prates dan pasca tes dengan penugasan yang sama. Adapun hasil penelitian, yaitu: 1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi menggunakan metode CIRC berbasis tayangan video di kelas X SMA Pasundan 1 Cimahi. Hal ini dibuktikan dari perolehan nilai rata-rata perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,51; 2) Peserta didik di kelas X SMA Pasundan 1 Cimahi mampu mengikuti pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi. Hal ini dibuktikan dari hasil pretes dengan rata-rata 68,3 dan hasil postes dengan rata-rata 91,3, perbedaan ini menunjukan selisih sebesar 23; 3) Perbedaan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen. Hal ini dibuktikan dari jumlah Sum Rank pada kelas eksperimen sebesar 420 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 396; 4) Metode CIRC berbasis tayangan video efektif bagi pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi di kelas X SMA Pasundan 1 Cimahi. Hal ini terbukti berdasarkan hasil N-gain score sebesar 69,16 yang termasuk efektif dibandingkan dengan hasil N-gain score kelas kontrol sebesar 54,24. Kata kunci: Pembelajaran, Menulis, Teks laporan hasil observasi, CIRC berbasis tayangan video.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 11 Oct 2019 04:01
Last Modified: 11 Oct 2019 04:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45649

Actions (login required)

View Item View Item