Fatur Dwi Laksono, 155030111 (2019) PEMBELAJARAN MENULIS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE CIRC BERBASIS TAYANGAN VIDEO PADA SISWA KELAS X SMA PASUNDAN 1 CIMAHI TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1.Cover.pdf Download (68kB) | Preview |
|
|
Text
2. lembar pengesahan.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
6.Abstak.pdf Download (48kB) | Preview |
|
|
Text
7.Abstrack.pdf Download (65kB) | Preview |
|
|
Text
8.Ringkesan.pdf Download (66kB) | Preview |
|
|
Text
14.Bab1.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text
15.Bab2.pdf Download (192kB) | Preview |
|
Text
16.Bab3.pdf Restricted to Repository staff only Download (318kB) |
||
Text
17.Bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
18.Bab5.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) |
||
|
Text
19.Daftar Pustaka.pdf Download (52kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat seseorang dalam menulis untuk peserta didik. Minat rendah dalam keterampilan menulis, terutama dalam menulis teks laporan hasil observasi. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi pada penelitian ini menggunakan metode CIRC berbasis tayangan video. Metode CIRC berbasis tayangan video adalah metode yang digunakan untuk membuat peserta didik mampu memberikan masukan dan kritik dari teks laporan sehingga peserta didik menjadi aktif dan kreatif. Penelitian ini dilakukan di SMA Pasundan 1 Cimahi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Quasi Eksperimental Design dan Pre-test Post-test Control Group Design, yaitu menggunakan prates dan pasca tes dengan penugasan yang sama. Adapun hasil penelitian, yaitu: 1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi menggunakan metode CIRC berbasis tayangan video di kelas X SMA Pasundan 1 Cimahi. Hal ini dibuktikan dari perolehan nilai rata-rata perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,51; 2) Peserta didik di kelas X SMA Pasundan 1 Cimahi mampu mengikuti pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi. Hal ini dibuktikan dari hasil pretes dengan rata-rata 68,3 dan hasil postes dengan rata-rata 91,3, perbedaan ini menunjukan selisih sebesar 23; 3) Perbedaan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen. Hal ini dibuktikan dari jumlah Sum Rank pada kelas eksperimen sebesar 420 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 396; 4) Metode CIRC berbasis tayangan video efektif bagi pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi di kelas X SMA Pasundan 1 Cimahi. Hal ini terbukti berdasarkan hasil N-gain score sebesar 69,16 yang termasuk efektif dibandingkan dengan hasil N-gain score kelas kontrol sebesar 54,24. Kata kunci: Pembelajaran, Menulis, Teks laporan hasil observasi, CIRC berbasis tayangan video.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 11 Oct 2019 04:01 |
Last Modified: | 11 Oct 2019 04:01 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45649 |
Actions (login required)
View Item |