MODEL INQUIRY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS HASIL OBSERVASI PADA SISWA KELAS X SMAN 22 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

ZICO AL ISLAM, 155030040 (2019) MODEL INQUIRY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS HASIL OBSERVASI PADA SISWA KELAS X SMAN 22 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1- COVER.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2- Lembar Pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6- ABSTRAK (Indo).pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6- ABSTRAK (Eng).pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6- ABSTRAK (Sunda).pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (154kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (562kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya masalah menulis yang dialami peserta didik dalam mencurahkan pikirannya ke dalam tulisan, seperti karya tulis ilmiah, esai, dan laporan. Rumusan masalah penelitian ini yaitu: (1) Apakah penulis mampu dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran menulis teks hasil observasi dengan menggunakan model Inquiry Learning; (2) Apakah peserta didik mampu menulis teks hasil observasi; (3) Efektifkah model yang digu nakan dalam pembelajaran tersebut. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran menulis teks hasil observasi dengan menggunakan model Inquiry Learning; (2) Mengetahui kemampuan peserta didik dalam menulis teks hasil observasi; (3) Mengetahui keefektifan model Inquiry Learning dalam pembelajaran tersebut. Hipotesis pada penelitian ini adalah: (1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai dalam pembelajaran menulis teks hasil observasi; (2) Peserta didik mampu menulis teks hasil observasi dengan tepat; (3) Metode Inquiry Learning efektif digunakan dalam pembelajaran tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu observasi, tes, telaah pustaka, dan uji coba. Pengolahan data menggunakan tabel persiapan. Hasil dari penelitian ini adalah penulis mampu merencanakan, malaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran menulis teks hasil observasi di kelas X SMAN 22 Bandung. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil penilaian yang didapat penulis dari pendidik mata pelajaran terkait sebesar 3.76 dengan kategori sangat baik. Peserta didik kelas X SMAN 22 Bandung lebih mampu membuat teks hasil observasi menggunakan model Inquiry Learning. Hal ini terbukti dengan meningkatnya nilai rata-rata prates sebesar 25 menjadi 73.5 saat pascates. Selisih nilai dari prates ke pascates sebesar 48.5. model Inquiry Learning efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks hasil observasi karena hal ini dibuktikan berdasarkan uji statistik, diketahui t hitung > t tabel , yaitu 15.1 > 2.73 dalam tingkat kepercayaan 95%, taraf signifikan 5% dan derajat kebeba san 28. Oleh karena itu terdapat peningkatan dan keberhasilan dalam penelitian ini. Kata Kunci: Inquiry Learning, Menulis, Teks Hasil Observasi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 10 Oct 2019 08:55
Last Modified: 10 Oct 2019 08:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45628

Actions (login required)

View Item View Item