PEMBELAJARAN MENELAAH KEBAHASAAN TEKS CERITA FANTASI YANG BERORIENTASI PADA KALIMAT DIALOG DAN DIKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP PGII 2 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

RAHAYU SITI FATIMAH, 155030047 (2019) PEMBELAJARAN MENELAAH KEBAHASAAN TEKS CERITA FANTASI YANG BERORIENTASI PADA KALIMAT DIALOG DAN DIKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP PGII 2 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstrak.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstract.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Ringkesan.pdf

Download (148kB) | Preview
[img] Text
12. BAB I.pdf

Download (0B)
[img] Text
13. BAB II.pdf

Download (0B)
[img] Text
14. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Text
17. Daftar Pustaka.pdf

Download (0B)
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Menelaah kebahasaan teks cerita fantasi adalah kegiatan pembelajaran untuk melatih peserta didik dalam membaca. Dalam penelitian ini, penulis ingin menge-tahui kemampuan peserta didik dalam proses menelaah kebahas aan teks cerita fantasi dengan menggunakan metode Directed Reading Thinking Activity (DR-TA). Metode penelitian yang penulis gunakan yaitu kuasi eksperimen dengan de-sain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi peserta didik da-lam penelitian ini yaitu kelas VII SMP PGII 2 Bandung dengan sampel kelas kon-trol (VII B) dan kelas eksperimen (VII C). Adapun hasil penelitian ini dipaparkan sebagai berikut. (1) Penulis merencanakan dan melaksanakan pembelajaran mene-laah kebahasaan teks cerita fantasi yang berorientasi pada kalimat dialog dan diksi menggunakan metode Directed Reading Thinking Activity. Hasil penilaian ter-bukti merencanakan dan melaksanakan pembelajaran 3,62; (2) Peserta didik kelas VII SMP PGII 2 Bandung mampu dalam menelaah kebahasaan teks cerita fantasi yang berorientasi pada kalimat dialog dan diksi. Hal ini terbukti dari hasil prates kelas eksperimen dengan rata-rata 59,83, sedangkan prates kelas kontrol dengan rata-rata 45,83; (3) Peserta didik kelas VII SMP PGII 2 Bandung mampu dalam menelaah kebahasaan teks cerita fantasi yang berorientasi pada kalimat dialog dan diksi. Hal ini terbukti dari hasil pascates kelas eksperimen dengan 79,67, sedang-kan pascates kelas kontrol dengan rata-rata 72,17; (4) Metode Directed Reading Thinking Activity efektif dalam pembelajaran menelaah kebahasaan teks cerita fantasi yang berorientasi pada kalimat dialog dan diksi. Hal tersebut terbukti nilai Asymp. Sig, (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka, Ha diterima sehingga da-pat di-simpulkan bahwa nilai pascates lebih besar dari prates sehingga metode Directed Reading Thinking Activity (DRTA) efektif dalam pembelajaran menelaah kebaha-saan teks cerita fantasi yang berorientasi pada kalimat dialog dan diksi pada peser-ta didik kelas VII SMP PGII 2 Bandung. Kata kunci: menelaah, kebahasaan teks cerita fantasi, metode DRTA

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 10 Oct 2019 07:51
Last Modified: 10 Oct 2019 07:51
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45623

Actions (login required)

View Item View Item