PEMBELAJARAN MENGONSTRUKSI CERITA PENDEK BERDASARKAN UNSUR-UNSUR PEMBANGUN CERPEN MENGGUNAKAN MEDIA WINDOWS MOVIE MAKER PADA KELAS XI SMK MITRA KARYA KABUPATEN BEKASI TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Muhammad Fachmi Munsy Hidayat, 155030030 (2019) PEMBELAJARAN MENGONSTRUKSI CERITA PENDEK BERDASARKAN UNSUR-UNSUR PEMBANGUN CERPEN MENGGUNAKAN MEDIA WINDOWS MOVIE MAKER PADA KELAS XI SMK MITRA KARYA KABUPATEN BEKASI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKESAN.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (459kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (779kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pembelajaran cerita pendek berkaitan dengan keterampilan menulis, salah satunya pembelajaran mengonstruksi unsur-unsur pembangun cerpen menggunakan media windows movie maker yang dirancang untuk mempermudah peserta didik dalam mengonstruksi unsur-unsur pembangun cerpen. Berkaitan dengan hal tersebut maka peneliti tertarik melakukan penelitian pembelajaran mengonstruksi teks cerita pendek berdasarkan unsur-unsur pembangun cerpen menggunakan media windows movie maker pada siswa kelas XI SMK Mitra Karya Kabupaten Bekasi tahun pelajaran 2019/2020. Adapun hasil penelitiannya adalah sebagai berikut: 1) Peneliti mampu merencanakan, melak-sanakan, dan mengevaluasi pembelajaran mengonstruksi unsur-unsur pembangun. Hal ini dapat dibuktikan nilai rata-rata perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang diperoleh peneliti sebesar 3,87 dan termasuk ke dalam kategori sangat baik (A); 2) Peserta didik kelas X SMK Mitra Karya mampu mengikuti pembelajaran Hal tersebut dapat dibuktikan berdasarkan nilai hasil prates dan pascates. Hasil belajar di kelas eksperimen memeroleh prates rata-rata 36,62 dan hasil pascates dengan rata-rata 67,25, sedangkan hasil rata-rata prates kelas kontrol adalah 12,50 dan nilai rata-rata pascates adalah 56,62; 3) Penggunaan media windows movie maker efektif digunakan pada pembelajaran mengonstruksi teks cerita pendek. Hal tersebut terbukti pada uji hipotesis menggunakan independent sample test menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,004 dan 0,004 (0,004 dan 0,004 < 0.05). Hal tersebut berarti terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Selanjutnya, untuk mengukur efektivitas penggunaan media windows movie maker apat dilihat dari perbedaan peningkatan nilai gain antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai gain kelas eksperimen mencapai 0,83 sedangkan nilai gain kelas kontrol mencapai 0,423. Hal ini menunjukkan bahwa nilai gain kelas eksperimen yang menggunakan media windows movie maker lebih tinggi daripada kelas kontrol yang tidak menggunakan media windows movie maker. Kata kunci: Media windows movie maker, keterampilan menulis, pembelajaran, mengonstruksi, unsur-unsur pembangun, cerita pendek

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 10 Oct 2019 07:32
Last Modified: 10 Oct 2019 07:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45621

Actions (login required)

View Item View Item