PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN PANGSOR PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN

DEVI FUJI ASTUTI, 155060112 (2019) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN PANGSOR PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
01. COVER.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02.Pengesahan.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. ABSTRAK BAHASA INDO.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB I.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB II.pdf

Download (500kB) | Preview
[img] Text
13. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (707kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img]
Preview
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (406kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema kebersamaan dalam keberagaman dengan menggunakan model Problem Based Learning, yang menjadi objek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Pangsor tahun ajaran 2019/2020 yang mencakup 22 siswa terdiri 12 laki-laki dan 10 perempuan. SDN Pangsor berlokasi dikabupaten sumedang. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pertama adanya peningkatan sikap peduli pada siklus I mencapai 41%, siklus II mencapai 64 % dan siklus III mencapai 86%. Kedua, adanya peningkatan sikap santun pada siklus I mencapai 36%, iklus II mencapai 64% dan siklus III mencapai 90%. Ketiga adanya peningkatan keterampilan pada siklus I mencapai 50%, siklus II mencapai 75% dan siklus III mencapai 100%. Keempat adanya peningkatan pengetahuan pada siklus I mencapai 41%. Siklus II mencapai 68% dan siklus III mencapai 82%. Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning pada subtema kebersamaan dalam keberagaman pada kelas IV SDN Pangsor dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang mencakup sikap peduli, sikap santun, keterampilan dan pengetahuan siswa. Kata Kunci : Problem Based Learning, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 10 Oct 2019 07:14
Last Modified: 10 Oct 2019 07:14
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45619

Actions (login required)

View Item View Item