ASEP SUPRIYADI, 155030017 (2019) PEMBELAJARAN MENGEMBANGKAN MOSI DAN ARGUMENTASI DALAM DEBAT AKTUAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) PADA SISWA KELAS X SMAN 2 MAJALAYA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1 COVER..pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
2LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (137kB) | Preview |
|
|
Text
6ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text
7ABSTRAK INGGRIS..pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text
8ABSTRAK SUNDA..pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text
13BAB I.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text
14BAB II.pdf Download (213kB) | Preview |
|
Text
15BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (473kB) |
||
Text
16BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
17BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) |
||
|
Text
18DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (85kB) | Preview |
Abstract
Penelitian dengan judul “Pembelajaran Mengembangkan Mosi dan Argumentasi dalam Debat Aktual dengan Menggunakan Metode Creative Problem Solving pada Siswa Kelas X SMAN 2 Majalaya Tahun Pelajaran 2018/2019” ini bertujuan untuk mengetahui efektif atau tidaknya metode Creative Problem Solving digunakan dalam pembelajaran mengembangkan mosi dan argumentasi dalam debat aktual. Rumusan masalah yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi serta mengembangkan mosi dan argumentasi yang berorientasi pada permasalahan aktual? (2) Mampukah peserta didik mengembangkan mosi dan argumentasi yang berorientasi pada persamalahan aktual? (3) Bagaimanakah hasil metode pada peserta didik dalam mengembangkan mosi dan argumentasi yang berorientasi pada permasalahan aktual?. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang menggunakan dua kelompok sampel sebagai pembanding. Pretes dan postes digunakan untuk mengukur siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan yang berupa pembelajaran mengembangkan mosi dan argumentasi dalam debat aktual dengan menggunakan metode Creative Problem Solving. Adapun hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Penulis mampu melaksanakan dan merencanakan pembelajaran mengembangkan mosi dan argumentasi dalam debat aktual dengan menggunakan metode Creative Problem Solving. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil penilaian pelaksanaan dan perencanaan pembelajaran yaitu 3.75. (2) Peserta didik kelas X SMAN 2 Majalaya mampu mengembangkan mosi dan argumentasi dalam debat aktual, hal tersebut dapat dibuktikan pada kelas eksperimen dengan nilai postes sebesar 85.6. (3) Metode Creative Problem Solving efektif digunakan pada pembelajaran mengembangkan mosi dan argumentasi dalam debat aktual. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil perhitungan thitung > ttabel yaitu 193.3 > 23.4 dengan tingkat kepercayaan 95% dan taraf siginifikan 5% serta derajat kebebasan 24. Berdasarkan fakta tersebut, penulis menyimpulkan bahwa semua hipotesis yang penulis rumuskan dalam penelitian ini dapat diterima. Kata Kunci: Debat aktual, metode creative problem solving.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 10 Oct 2019 04:46 |
Last Modified: | 10 Oct 2019 04:46 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45607 |
Actions (login required)
View Item |