PENGGUNAAN TWITTER SEBAGAI MEDIA LITERASI POLITIK GENERASI MILENIAL (Studi Kasus dalam Memilih Calon Presiden 2019)

Orbit Al Azzam, 152050283 (2019) PENGGUNAAN TWITTER SEBAGAI MEDIA LITERASI POLITIK GENERASI MILENIAL (Studi Kasus dalam Memilih Calon Presiden 2019). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK 3 BAHASA.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Generasi milenial yang tumbuh bersamaan dengan berkembangnya teknologi, tentu saja sangat akrab dengan internet dan media sosial. Twitter adalah salah satu media sosial yang digunakan oleh generasi milenial. Twitter digunakan oleh generasi milenial sebagai media komunikasi dan informasi. Pada pemilihan presiden 2019, Twitter menjadi salah satu media yang digunakan generasi milenial untuk praktek literasi politik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan Twitter sebagai media literasi politik generasi milenial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dalam studi kasus, dan juga menggunakan teori New Media dan teori Media Literacy. Pengumpulan data dilakukan dengan, observasi, dokumentasi, dan wawancara kepada generasi milenial yang menggunakan Twitter sebagai media literasi politik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh jawaban dari permasalahan mengenai penggunaan Twitter sebagai media literasi politik generasi milenial, studi kasus dalam memilih calon presiden Indonesia 2019. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa setelah melalui teori yang meliputi, konsep-konsep, dan instrumen diatas menjelaskan bahwa, tidak semua generasi milenial mendapatkan pilihan politiknya dengan menggunakan Twitter sebagai media literasi politik dalam memilih calon presiden 2019. Namun, semua informan mengaui bahwa dengan menggunakan Twitter sebagai media literasi politik, mampu menambah serta mengembangkan pengetahuan mengenai politik dalam pemilihan presiden 2019. Kata Kunci: Media Sosial, Twitter, Literasi Politik, Generasi Milenial

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2015
Depositing User: Mr Iwan Ridwan Iwan
Date Deposited: 10 Oct 2019 02:38
Last Modified: 10 Oct 2019 02:38
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45589

Actions (login required)

View Item View Item