PENJADWALAN PERAWATAN MESIN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PREVENTIVE MAINTENANCE PADA MESIN FEEDING CRUSHER DI PT. PUPUK KUJANG CIKAMPEK

MOCHAMAD RIZKI YANUARDI, 143010042 and Moh. Syarwani, DS and Toto Ramadhan, DS (2019) PENJADWALAN PERAWATAN MESIN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PREVENTIVE MAINTENANCE PADA MESIN FEEDING CRUSHER DI PT. PUPUK KUJANG CIKAMPEK. Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan.

[img]
Preview
Text
MOCHAMAD RIZKI YANUARDI _143010042_TEKNIK INDUSTRI.pdf

Download (657kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

PT. Pupuk Kujang sering melakkuan kegiatan proses produksi secara massal. Tidak dapat dipungkiri lagi permasalahan yang kerap dialami perusahaan manufaktur adalah faktor kegagalan dalam memenuhi target produksi seperti permasalahan di lantai produksi dikarenakan faktor kerusakan pada mesin-mesin produksi yang terdapat pada perusahaan manufaktur. Mesin utama yang paling sering digunakan dalam permesinan di departemen pemeliharaan PT. Pupuk Kujang adalah mesin M002 Dap Crusher pada proses Feeding yang mana, merupakan mesin crusher yang digunakan untuk menghancurkan raw material menjadi suatu partikel-partikel material yang akan diproses ke tahap berikutnya dan merupakan mesin yang paling sering mengalami kerusakan. Mesin M002 Dap Crusher ini memiliki beberapa komponen seperti blade crusher, bearing, studbolt, v-belt, round bar, housing bearing, circuit breaker, groove pulley. Berdasarkan distribusi Weibull untuk MTTF kerusakan komponen blade crusher adalah 74 hari, kerusakan komponen bearing adalah 157 hari, dan kerusakan komponen studbolt adalah 129 hari. Penentuan interval laju kerusakan menunjukkan tindakan alternatif pada mesin. Penentuan Interval Optimal menunjukan bahwa interval penggantian yang optimal untuk komponen mesin crusher seperti blade crusher optimal dilakukan pada hari 53, bearing pada hari 126, dan studbolt pada hari 109 Interval penggantian optimal akan menjadi dasar dalam menentukan jadwal perawatan dengan preventive maintenance. Kata kunci : Distribusi Weibull, Keandalan (Reliability), Laju Kerusakan, Biaya Perarwatan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Uncontrolled Keywords: Weibull Distribution, Reliability, Damage Rate, Maintenance Cost.
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 10 Oct 2019 01:46
Last Modified: 10 Oct 2019 01:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45582

Actions (login required)

View Item View Item