ANALISIS RISIKO KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DENGAN MENGGUNAKAN METODE HAZARD IDENTIFICATION, RISK ASSESSMENT, AND RISK CONTROL (HIRARC) DI BAGIAN PRODUKSI (STUDI KASUS : CV. HASSTEX TEXTILE INDUSTRIES)

DENDI MUHAMMAD NUGRAHA, 123010127 and Apep Rahmat, DS and Iman Firmansyah, DS (2019) ANALISIS RISIKO KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DENGAN MENGGUNAKAN METODE HAZARD IDENTIFICATION, RISK ASSESSMENT, AND RISK CONTROL (HIRARC) DI BAGIAN PRODUKSI (STUDI KASUS : CV. HASSTEX TEXTILE INDUSTRIES). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan.

[img]
Preview
Text
Dendi Muhammad Nugraha_123010127_Teknik Industri.pdf

Download (490kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Memasuki era industri 4.0, Pemerintah Indonesia menghadapi berbagai tantangan yang tidak dapat dihindari. Salah satunya adalah dengan meminimalisir jumlah kecelakaan kerja yang disebabkan oleh manusia. Setiap perusahaan memiliki risiko terjadinya kecelakaan, besarnya risiko kecelakaan tergantung dari upaya pengendalian risiko yang dilakukan. CV. Hasstex Textile Industries adalah perusahaan yang bergerak di bidang industri tekstil berupa Sarung Tenun. Saat ini perusahaan memiliki 224 unit mesin tenun listrik Suzuki model 56 dengan jumlah karyawan tenun sebanyak 67 pekerja dan luas bangunan pabrik 5745 m2. Permasalahan yang dihadapi CV. Hasstex dari hasil temuan dilapangan bahwa di divisi tenun menunjukkan kegiatan proses kerja yang mempunyai risiko paling tinggi dibandingkan dengan divisi lainnya. Untuk itu diperlukan analisis risiko untuk mengidentifikasi sumber potensi bahaya yang ada, mengetahui tingkat risiko, dan upaya pengendalian risiko dengan metode Hazard Identification, Risk Assessment, dan Risk Control (HIRARC) di bagian produksi CV. Hasstex Textile Industries. Urutan dalam pengolahan data penelitian ini dilakukan menggunakan format penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan ada dua yaitu data primer dan data sekunder. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi langsung dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan terdapat 22 pernyataan yang diajukan kepada 30 responden yang di uji dengan menggunakan pengujian validitas dan reliabilitas. Penilaian risiko mengukur rata-rata kekerapan dan keparahan. Hasil dari penilaian risiko tersebut dapat diketahui bahwa terdapat 1 potensi bahaya dengan tingkat risiko high, 18 potensi bahaya dengan tingkat risiko medium, dan 3 potensi bahaya dengan tingkat risiko low. Pengendalian risiko berupa ususlan pengendalian tambahan dari pengendalian yang sudah dilakukan oleh perusahaan berupa pengendalian secara teknis, administratif, dan dengan alat pelindung diri. Kata Kunci : Hazard Identification, Risk Assessment, Risk Control (HIRARC)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Uncontrolled Keywords: Hazard Identification, Risk Assessment, Risk Control (HIRARC)
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 10 Oct 2019 01:40
Last Modified: 10 Oct 2019 01:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45580

Actions (login required)

View Item View Item