MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGENDALIKAN DIRI PESERTA DIDIK PADA PENGUASAAN KONSEP MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI MELALUI WIKIPEDIA

ANNISA RAHMA BATUBARA, 155040087 (2019) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGENDALIKAN DIRI PESERTA DIDIK PADA PENGUASAAN KONSEP MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI MELALUI WIKIPEDIA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACK INGGRIS.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (767kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (492kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (662kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran melalui Wikipedia pada konsep keanekaragaman hayati dapat meningkatkan keterampilan mengendalikan diri peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode pra eksperimen dengan desain One-Grup Pretest-Posttest Desain yang diterapkan kepada peserta didik kelas X IPA 1 di SMA Pasundan 3 Bandung yang berjumlah 20 orang melalui teknik simple purpose sampling.Data penelitian didapatkan dengan menggunakan angket keterampilan mengendalikan diri peserta didik, lembar observasi kontribusi pembelajran biologi melalui Wikipedia t erhadap keterampilan mengendalikan diri peserta didik, dan tes penguasaan konsep keanekeragaman hayati. Data yang diperoleh kemudian di analisis dengan menggunakan analisis uji hipotesis dan perhitungan gain. Uji hipotesis meliputi dua uji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan terdapatnya perbedaan yang signifikan terhadap keterampilan pengendalian diri peserta didik antara sebelum dan sesudah diterapkannya pembelajaran biologi melalui Wikipedia , dan berdasarkan hasil per hitungan gain telah diketahui bahwa sebagian besar peserta didik mengalami peningkatan keterampilan mengendalikan diri dengan kategori sedang. Selain itu,pada penelitian ini dilakukan juga pengukuran penguasaan konsep keanekaragaman hayati yang menunjukkan adanya peningkatan secara signifikan pada posttest dengan perhitungan gain pada kategori sedang, dan jika dilihat berdasarkan kontribusi pembelajran biologi melalui Wikipedia terhadap keterampilan mengendalikan diri peserta didik juga telah menunjukkan ha sil interpretasi sangat baik. Kata Kunci : Pembelajaran melalui Wikipedia, Keterampilan mengendalikan diri, Tes Penguasaan Konsep Keanekaragaman hayati

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 09 Oct 2019 07:15
Last Modified: 09 Oct 2019 07:15
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45545

Actions (login required)

View Item View Item