REBRANDING TVRI DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (Studi Deskriptif Kualitatif Aktivitas Rebranding DI TVRI)

Fahmi.Ramdhani, 152050155 (2019) REBRANDING TVRI DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (Studi Deskriptif Kualitatif Aktivitas Rebranding DI TVRI). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA..pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar persetujuan.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (249kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Rebranding TVRI’ di Media Sosial Instagram”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses rebranding yang di lakukan oleh TVRI. Rebranding kali ini, TVRI hanya mengganti logo serta slogan nya. TVRI bermaksud dan bertujuan menjadi media pemersatu bangsa dalam menyuarakan kehebatan, memotivasi, menginspirasi, dan membanggakan nusantara hingga ke seluruh Indonesia melalui konten yang beragam dan berkualitas. Sekaligus membawa kebanggaan Indonesia ke kancah international. Rebranding di lakukan sebagai upaya pembaharuan pada brand yang meliputi: nama, logo, taglines. TVRI menyadari bahwa rebranding ini tak sekedar mengganti logo lebih dari itu merubah corporate culture, dan merubah semuanya kearah yang lebih dinamis serta modern. Metode yang peneliti gunakan dalam penelitian ini yakni. Metode penelitian kualitatif dengan studi deskriptif kualitatif. Peneliti dapat memperoleh data dengan menggunakan observasi partisipan serta teknik wawancara sehingga data tersebut dapat melengkapi penelitian ini. Peneliti juga melakukan peneletian pustaka dengan mengkaji dan mempelajari berbagai literatur yang berkaitan dengan permasalahan yang diteliti untuk mendukung asumsi landasan permasalahan yang dibahas. Analsis data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah Corporate rebranding framework yang dikembangkan oleh Daly dan Moloney. Hasil dari penelitian ini menunjukan, bahwa TVRI percaya setiap merek akan tumbuh layaknya manusia yang memiliki cerita, esensi, dan visi dalam perkembanganya. Citra dan reputasi TVRI sebagai lembaga televisi publik yang cenderung negatif, kemudian relevansi sebagai asosiasi merek, dan persaingan di industri yang semakin ketat serta pergatian jajaran kepemimpinan di internal merupakan landasan utama dalam melatarbekakangi keputusan rebranding.Dalam rebranding kali ini TVRI menerapkannya kedalam lima aspek, salah satunya media sosial. Pengaplikasian media sosial di jadikan sebagai alat pemasaran dan pembentukan company profile. Pengaplikasian media sosial sebanding dengan visi dan misi TVRI yakni menjadi world class broadcaster, untuk membawa kebanggaan Indonesia secara luas hingga ke mancanegara, dengan integritas tinggi dalam menyuarakan nilai dan budaya, dan keberagaman. Demi mewujudkan itu semua, menjadi media yang multimedia, multiplatform, multicanal, sekaligus dapat kembali dipercaya oleh publiknya. Sehingga dapat tumbuh dan berkembang secara mandiri melalui inovasi dan memunculkan jiwa kompetitif yang sehat di lingkungan internal tanpa tergantung dari pemerintah. Kata Kunci: Rebranding, Media Sosial, TVRI.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2015
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 09 Oct 2019 06:51
Last Modified: 09 Oct 2019 06:51
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45542

Actions (login required)

View Item View Item