Sela Apriani, 155060186 (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA ORGAN GERAK HEWAN (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SD Negeri Solokan Jeruk 02 Kec. Solokan Jeruk Kab.Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover Depan.pdf Download (27kB) | Preview |
|
Text
lembar_pengesahan.pdf.lnk Download (1kB) |
||
|
Text
06_Abstrak Bahasa Indonesia.pdf Download (251kB) | Preview |
|
|
Text
06_Abstrak Bahasa Inggris.pdf Download (396kB) | Preview |
|
|
Text
06_Abstrak Bahasa Sunda (2).pdf Download (346kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (343kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (780kB) | Preview |
|
Text
Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (655kB) |
||
Text
Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (120kB) |
||
|
Text
Dapus 1.pdf Download (104kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul”Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Percaya Diri Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Subtema Organ Gerak Hewan” yang dilatar belakangi oleh rendahnya percaya diri serta hasil belajar peserta didik kelas V SDN Solokanjeruk 02 Bandung. Penelitian ini didasari temuan dalam kegiatan observasi pembelajaran yaitu pembelajaran masih kurang melibatkan peserta didik, sehingga peserta didik kurang memiliki rasa percaya diri. Metode yang digunakan yakni Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tiga siklus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Selain meningkatkan percaya diri terhadap hasil belajar peserta didik model Problem Based Learning juga dapat meningkatkan keterampilan pada setiap siklusnya. Untuk sikap percaya diri pada siklus I sebesar 61%, siklus II 72% dan siklus III 82%. Nilai rata-rata yang diperoleh setiap siklus mengalami peningkatan, siklus I 65, siklus II 73 dan siklus III 77. Serta peningkatan hasil belajar dari setiap siklusnya, siklus I 56 %, siklus II sebesar 72%, siklus III 85%. Nilai rata-rata yang didapat mengalami peningkatan mulai dari siklus I sebesar 67, siklus II sebesar 74, Siklus III sebesar 78. Berdasarkan data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model problem based learning dapat meningkatkan sikap percaya diri, terhadap hasil belajar peserta didik pada subtema Organ Gerak Hewan. Kata kunci : Problem Based Learning, Sikap Percaya Diri, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 09 Oct 2019 02:45 |
Last Modified: | 09 Oct 2019 02:45 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45507 |
Actions (login required)
View Item |