PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS IV (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SDN Giriharja 01 Kecamatan Margaasih Kabupaten Bandung Pada Subtema Kebersamaan Dalam Keberagaman)

TANGGUH MUTTAQIN RIZKY LAKSANA, 155060159 (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS IV (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SDN Giriharja 01 Kecamatan Margaasih Kabupaten Bandung Pada Subtema Kebersamaan Dalam Keberagaman). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover Depan.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Indonesia.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Inggris.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Sunda.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (328kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id

Abstract

Masalah yang ada dalam penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya rasa percaya diri dan hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri Giriharja 01. Hal ini disebabkan pendidik masih menggunakan model konvensional hingga menyebabkan pembelajaran tidak berpusat kepada peserta didik dan peserta didik belum diberikan kesempatan untuk mengarahkan sendiri cara belajarnya. Serta rasa percaya diri peserta didik rendah, karena pendidik belum membantu meningkatkan rasa percaya diri peserta didik. Oleh karena itu dari permasalahan tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan penerapan model DiscoveryLearning pada subtema Kebersamaan dalam keberagaman. Metode yang digunakan adalahPenelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan Mc. Taggart dengan tiga siklus, pengumpulan data yang digunakan adalah tes yang terdiri dari soal pre test serta post test, dan non test terdiri dari observasi dan wawancara. Hasil penelitian yang dilakukan dengan subjek peserta didik yang berjumlah 30 orang menghasilkan peningkatan hasil belajar peserta didik dari setiap siklusnya. Pada siklus I ketuntasan kognitif peserta didik mencapai 43% lalu pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 84% peserta didik dan pada siklus ke III menjadi 90%. Nilai rata-rata yang didapat mengalami peningkatan, pada siklus I 74, pada siklus II 82 dan pada siklus III sebesar 82. Kemudian, pada siklus I ketuntasan afektif peserta didik mencapai 30%, pada siklus II mencapai 73% dan pada siklus III 93%. Selanjutnya , pada siklus I ketuntasan Psikomotor peserta didik mencapai 30%, pada siklus II 50% dan pada siklus III 100%Dari data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada subtema Kebersamaan dalam Keberagaman. Sehingga penelitian ini dapat dinyatakan berhasil dengan nilai akhir menunjukan peningkatan yang signifikan pada setiap siklusnya. Kata Kunci:Discovery Learning, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 08 Oct 2019 08:51
Last Modified: 08 Oct 2019 08:51
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45493

Actions (login required)

View Item View Item