PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR (Penelitian Deskriptif Kuantitatif Dilakukan Di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat)

Shiam Nur Fitriani, 155060045 (2019) PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR (Penelitian Deskriptif Kuantitatif Dilakukan Di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA SHIAM NUR FITRIANI 155060045.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS SHIAM NUR FITRIANI 155060045.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BASA SUNDA SHIAM NUR FITRIANI 155060045.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (218kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (442kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (175kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latar belakang pendidikan orang tua terhadap hasil belajar peserta didik kelas V sekolah dasa di Bandung Barat. Jenis Penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan metode dekriptif yang menggunakan desain survey. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Barukai, SDN Garuda dan SDN Cisarua dengan jumlah siswa sebanyak 74 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan statistik kuantitatif dengn bantuan SPSS. Penelitian ini juga menggunakan uji prasayarat terlebih dahulu Uji Normalitas dan Uji Liniear Sederhana kemudian untuk Uji Hipotesis menggunakan Uji Regresi dan Uji Koefisien Determinasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Latar belakang pendidikan orang tua kelas V di 3 Sekolah Dasar Negeri diperoleh data dari angket yang di sebar pada 74 responden diperoleh skor tertinggi 86 dan skor terendah 48. Dengan jumlah skor rata – rata 75. Dengan demikian bahwa jenjang pendidikan orang tua adalah lulusa SMA sebanyak 25 orang atau 33,7% .2) hasil belajar peserta didik diperoleh dari nilai semester genap kelas IV di SDN Barukai, SDN Garuda dan SDN Cisarua sebagai sampel yang digunakan. Dari data hasil belajar dengan jumlah responden 74 orang peserta didik diperoleh nilai tertinggi sebesar 90 dan nilai terendah sebesar 71. Dengan jumlah nilai rata – rata sebesar 81. 3) terdapat pengaruh latar belakang pendidikan orang tua terhadap hasil belajar peserta didik kelas V di SDN Barukai, SDN Garuda dan SDN Cisarua, ditunjukkan pada tabel coefisien dengan melihat nilai signifikan diperoleh sebesar 0.00, dengan pengambilan keputuan menggunakan nilai SPSS sebesar 0.05. Maka dapat disimpulkan Ha diterima, Kemudian pada tabel Summrary didapat R Square sebesar 47,8%, dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkat pendidikan orangtua dan hasil belajar peserta didik. Kata kunci : latar belakang pendidikan orang tua dan hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 08 Oct 2019 08:32
Last Modified: 08 Oct 2019 08:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45488

Actions (login required)

View Item View Item