PEMBANGUNAN GAME EDUKASI PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 1 SEKOLAH DASAR BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE DIGITAL GAME BASED LEARNING INSTRUCTIONAL DESIGN ( STUDI KASUS : Tema Taman Kota )

Jemmy Hariansyah, 15.304.0040 and Handoko Supeno, DS and Fajar Darmawan, DS (2019) PEMBANGUNAN GAME EDUKASI PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 1 SEKOLAH DASAR BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE DIGITAL GAME BASED LEARNING INSTRUCTIONAL DESIGN ( STUDI KASUS : Tema Taman Kota ). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan.

[img]
Preview
Text
Jemmy Hariansyah_153040040_Teknik Informatika.pdf

Download (299kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tidak bisa kita pungkiri semakin pesatnya perkembangan teknologi membuat siapa saja dapat dengan mudah untuk mengakses informasi, dan dari sejak dulu manusia sudah memiliki tujuan serta sudah berpikir bagaimana dapat hidup dengan nyaman. Maka dari hasil keinginan tersebut manusia menciptakan teknologi yang membantu mempermudah pekerjaanya. Salah satu hasil dari perkembangan teknologi ini adalah game, dan seiring dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan game saat ini tidak hanya dapat digunakan sebagai sarana media hiburan saja akan tetapi game memiliki fungsi yang luas, misalnya adalah sebagai sarana pendidikan, salah satunya adalah dapat digunakan untuk memberikan semangat terhadap dunia pendidikan. Oleh karena itu, dapat dibuat sebuah game edukasi pembelajaran tematik kelas 1 sekolah dasar berbasis web untuk memberikan semangat kepada setiap siswa yang mengikuti pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk mengedukasi siswa kelas 1 sekolah dasar dalam pembelajaran tematik. Penelitian dilakukan dengan melakukan studi literatur dan melakukan eksplorasi metode Digital Game Based Learning – Instructional Design. Selanjutnya dilakukan analisis untuk menetapkan faktor faktor yang relevan untuk mendukung pembelajaran tematik. Digital Game Based Learning-Instructional Design terdiri dari analysis, design, development, quality assurance, serta implementation dan evaluation. dengan menggunakan game kepada pelajar. Hasil akhir dari penelitian ini adalah sebuah Game edukasi pembelajaran tematik kelas 1 sekolah dasar ini diberi nama School Frenzy. Game School Frenzy mengimplementasikan taksonomi bloom yang terdiri dari tiga domain, yaitu domain kognitif, afektif, dan psikomotorik yang dimana siswa ditekankan ke pengetahuan, keterampilan berpikir, kecerdasan otak, sikap, keterampilan motorik. Kata kunci : Game, Pembelajaran, Web, Digital Game Based Learning

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 08 Oct 2019 07:36
Last Modified: 08 Oct 2019 07:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45480

Actions (login required)

View Item View Item