MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI BERTEMA FENOMENA SOSIAL DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMPN 19 BANDUNGTAHUN PELAJARAN 2018-2019

Rahmi Nur Afifah, NPM : 178090017 (2019) MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI BERTEMA FENOMENA SOSIAL DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMPN 19 BANDUNGTAHUN PELAJARAN 2018-2019. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
Jurnal Rahmi Nur Afifah.docx

Download (45kB)

Abstract

AfifahNur, Rahmi. 2019. Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Bertema Fenomena Sosial dan Dampaknya Terhadap Kemampuan Peserta Didik Kelas VIII SMPN 19 Bandung Tahun Pelajaran 2018-2019. Program studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Pasundan Bandung. Pembimbing (I) Dr. Hj. R. Panca Pertiwi Hidayati, M.Pd. (II) Prof. Dr. Hj. R. Poppy Yaniawati, M.Pd. Tujuan Penelitian ini adalah (a) mendeskripsikan kemampuan peserta didik dalam menulis teks eksplanasi bertema fenomena sosial yang pembelajarannya menggunakan model problem based learning dan model pembelajaran secara konvensional.; (b) Mendeskripsikan kemampuan peserta didik dalam menulis teks eksplanasi bertema fenomena sosial yang pembelajaranya menggunakan model problem based learning dan pembelajaran secara konvensional; (c) Mendeskripsikan kemampuan peserta didik dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi bertema fenomena sosial terhadap kemampuan berpikir kritis siswa yang pembelajarannya menggunakan model problem based learning dan peserta didik yang pembelajaranya secara konvensional dalam menulis teks eksplanasi bertema fenomena sosial. Penelitian ini menggunakan mix method atau menggabungkan metode kualitatif dan kuantitatif dalam pengolahan data. Penelitian ini menyajikan hasil pembelajaran menulis teks eksplanasi bertema fenomena sosial dan dampaknya terhadap kemampuan berpiki kritis peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, didapat kesimpulan bahwa pembelajaran menulis teks eksplanasi bertema fenomena sosial berdampak terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Selain itu juga dapat menjadi alternatif pemilihan metode pembelajaran di kelas. Terbukti dari hasil pretes rata-rata peserta didik kelas eksperimen mendapatkan 55,3, sementara perolehan rata-rata nilai postes 74,7 yang menunjukan kenaikan nilai. Begitu pula dengan nilai rata-rata pretes berpikir kritis peserta didik yaitu 48,6, sementara nilai rata-rata postes 81,4, juga menunjukan kenaikan. Kata Kunci :Berpikir Kritis, Eksplanasi, Fenomena Sosial, Menulis Pembelajaran, Problem Based Learning.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 08 Oct 2019 07:14
Last Modified: 08 Oct 2019 07:14
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45477

Actions (login required)

View Item View Item