IMPLEMENTASI MODEL KOLABORASI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERITA FANTASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PENGARUHNYA TERHADAP BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS VII MTsN 1 BANDUNG BARAT

Anih Nuroniah, NPM : 178090009 (2019) IMPLEMENTASI MODEL KOLABORASI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERITA FANTASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PENGARUHNYA TERHADAP BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS VII MTsN 1 BANDUNG BARAT. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
Jurnal Tesis Anih.docx

Download (111kB)

Abstract

Nuroniah, Anih. 2019. Implementasi Model Kolaborasi dalam Pembelajaran Menulis Teks Cerita Fantasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Pengaruhnya Terhadap Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas VII MTsN 1 Bandung Barat. Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Pasundan Bandung. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Rully Indrawan, M.Si. (II) Dr. Hj. R. Panca Pertiwi Hidayati, M.Pd. Kata Kunci : berpikir kreatif , kemampuan komunikasi , Model kolaborasi Tujuan penelitian ini adalah (a) menggambarkan prosedur persiapan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran menulis cerita fantasi dengan model kolaborasi, (b ) mengetahui perbedaan kemampuan menulis cerita fantasi dengan menggunakan model kolaborasi peserta didik kelas kontrol dengan kelas eksperimen di kelas VII MTsN 1 Bandung Barat , (c) mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi peserta didik dalam pembelajaran menulis cerita fantasi dengan menggunakan model kolaborasi di kelas VII MTsN 1 Bandung Barat, dan (d) mengetahui pengaruh model kolaborasi dalam pembelajaran menulis cerita fantasi terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas VII MTsN 1 Bandung Barat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kombinasi (mixed method) dengan jenis penelitaian tipe Embedded desain. Penelitian ini meneliti bagaimana prosedur perencanaan,pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran menulis teks cerita fantasi dengan menggunakan model kolaborasi dalam pembelajaran menulis teks cerita fantasi unuk meningkatan kemampuan komunikasi dan pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model kolaborasi dalam pembelajaran menulis teks cerita fantasi dapat meningkatkan kemampuan komunikasi peserta didik dan berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas VII MTsN 1 Bandung Barat.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 08 Oct 2019 07:09
Last Modified: 08 Oct 2019 07:09
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45475

Actions (login required)

View Item View Item