PENGARUH STRATEGI RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATIVE, TRANFERING (REACT) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMA (penelitian eksperimen pembelajaran matematika pada materi nilai mutlak pada kelas X SMA Nasional Bandung)

ISKANDAR ZULKARNAEN, 155050023 (2019) PENGARUH STRATEGI RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATIVE, TRANFERING (REACT) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMA (penelitian eksperimen pembelajaran matematika pada materi nilai mutlak pada kelas X SMA Nasional Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar pengesahan.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstraks Indo.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT INGG.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (460kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (565kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (872kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA fix.pdf

Download (226kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan pemecahan masalah matematis. Namun kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ternyata masih belum optimal. Adapun alternatife pembelajaran yang dapat melatih kemampuan pemecahan masalah matematis siswa adalah dengan menggunakan model pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperative, Tranfering (REACT) Sikap siswa terhadap kegiatan pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperative, Tranfering (REACT). Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang memperoleh model pembelajaran REACT lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. 2) mengetahui Self-Confidence siswa yang memperoleh model pembelajaran REACT lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. 3) mengetahui korelasi antara Self-Confidence siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran REACT Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Popukasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Nasional Bandung tahun ajaran 2019-2020. Adapun sampel penelitiannya adalah dua kelas yang diambil yaitu kelas X MIPA sebagai kelas menggunakan metode eksperimen dan kelas X IPS sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berbentuk tes uraian dan non tes yang berupa angket skala sikap Self-Confidence. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t melalui IBM SPSS Statistics 25 for Windows yaitu dengan menggunakan Independent Sampel t-test. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan: (1) Apakah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran REACT lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional (2) Apakah self-confidence siswa yang memperoleh model pembelajaran REACT lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional (3) Apakah terdapat korelasi antara self-confidence dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran REACT Kata Kunci : Model Pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperative, Tranfering (REACT), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 08 Oct 2019 06:50
Last Modified: 08 Oct 2019 06:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45469

Actions (login required)

View Item View Item