PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV (Penelitian Tindakan Kelas Pada Subtema Kebersamaan dalam Keberagaman di SDN Pasawahan 01 Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2019/2020)

Riska Ema Triana, 155060013 (2019) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV (Penelitian Tindakan Kelas Pada Subtema Kebersamaan dalam Keberagaman di SDN Pasawahan 01 Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2019/2020). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (315kB)
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (685kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT INGGRIS.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (154kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model problem based learning pada Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV A SDN Pasawahan 01. Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan siswa di kelas IV SDN SDN Pasawahan 01 rata-rata hasil belajar yang di bawah KKM (72), dikarenakan guru sering menggunakan metode ceramah konvensional, sedangkan dengan model-model pembelajaran yang lain khususnya model problem based learning belum pernah dilaksanakan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Pada setiap siklusnya dilaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning yang terdiri dari 5 tahap yaitu 1. memberikan orientasi tentang permasalahan pada siswa, 2. mengorganisasikan siswa untuk meneliti, 3. membimbing penyelidikan siswa secara mandiri maupun kelompok, 4. mengembangkan dan menyajikan hasil karya, 5. menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Teknik evaluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus III, yaitu pada siklus I 61,03 dengan perlu bimbingan, siklus II 70,34 dengan kategori perlu bimbingan dan siklus III 81,37 dengan kategori sangat baik. Kesimpulan yang diperolah dari penelitian ini adalah, bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning sangat menunjang terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Dengan demikian, penggunaan model problem based learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran di kelas IV. Kata Kunci: penelitian tindakan kelas, problem based learning, hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 08 Oct 2019 04:46
Last Modified: 08 Oct 2019 04:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45458

Actions (login required)

View Item View Item