Rita Nur Karimah, 155060023 (2019) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Quasi Eksperimen pada Kelas IV SD Negeri 2 Rajamandala Kulon Kabupaten Bandung Barat Tahun Ajaran 2019/2020). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (304kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
9. ABSTRAK SUNDA.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
10. DAFTAR ISI.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB I.pdf Download (302kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB II.pdf Download (445kB) | Preview |
|
Text
14. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (575kB) |
||
Text
15. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
16. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (262kB) |
||
|
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (157kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada tema 1 indahnya kebersamaan subtema 2 kebersamaan dalam keberagaman. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SD Negeri 2 Rajamandala Kulon Tahun Ajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan desain penelitian pretest posttest control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SD Negeri 2 Rajamandala Kulon dengan jumlah 106 siswa, sedangkan subjek pada penelitian ini sebanyak 71 siswa yakni kelas IVA dengan jumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB dengan jumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol yang diperoleh dengan teknik Simple Random Sampling atau memilih sampel secara acak pada siswa kelas IV. Instrumen yang digunakan adalah test hasil belajar siswa yang terdiri dari 20 butir soal dengan bentuk pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji normalitas, uji linieritas, uji regresi sederhana, uji koefisien determinasi dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh thitung sebesar 10,80 dan ttabel sebesar 2,035 pada taraf signifikan 5%. Hasil perhitungan tersebut menunjukan bahwa thitung > ttabel yakni 10,80 > 2,035, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci: Model Discovery Learning, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 08 Oct 2019 04:38 |
Last Modified: | 08 Oct 2019 04:38 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45456 |
Actions (login required)
View Item |