PELAKSANAAN PERATURAN MENTERI DALAM NEGERI NOMOR 2 TAHUN 2016 TENTANG KARTU IDENTITAS ANAK (Studi Deskriptif di Desa Sidaraja Kabupaten Kuningan)

INKA SILA SAKTI, 155010048 (2019) PELAKSANAAN PERATURAN MENTERI DALAM NEGERI NOMOR 2 TAHUN 2016 TENTANG KARTU IDENTITAS ANAK (Studi Deskriptif di Desa Sidaraja Kabupaten Kuningan). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGASAHAN.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (733kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (778kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (333kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya upaya dari pemerintah untuk melindungi hak konstitusional anak, dengan menerbitkan kartu identitas anak sebagai alat bukti yang sah bahwa saja mereka adalah penduduk yang terdata secara resmi. Penerbitan kartu identitas anak bertujuan untuk meningkatkan pendataan, perlindungan, dan pemenuhan hak konstitusional bagi anak, kartu identitas anak memiliki dua jenis, yaitu kartu identitas untuk anak berusia 0-5 tahun dan 5-17 tahun. Pelaksanaan program pemerintah mengenai kartu identitas anak tercantum dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2016 Tentang Program Kartu Identitas Anak. Dan penelitian ini mengenai bagaimana pelaksanaan program kartu identitas anak di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kuningan khususnya di Desa Sidaraja. Metode dalam penelitian ini menggunkan metode kualitatif dan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Pelaksanaan sosialisasi program kartu identitas anak ini, sudah melalui tahap menginterprestasikan suatu kebijakan dengan baik. Namun dalam hal mengorganisir seperti mengatur sumber daya manusia, unit-unit dan metode-metode untuk melaksanakan program belum terlaksanakan dengan baik. Dan pelaksanaan program kartu identitas anak ini kurang efektif, dikarenakan masih banyak masyarakat yang belum mengetatahui program kartu identitas anak; (2) Kendala dalam pelaksanaan program kartu identitas anak yaitu, secara external dan internal, dimana secara external sering ditemukan data yang berbeda antara kartu keluarga, kartu tanda penduduk, dan akta kelahiran dan saat disekolah banyak peserta didik yang tidak menyimak arahan untuk membuat kartu identitas anak. Secara internal yaitu habisnya blangko, sistem eror dan kurangnya tenaga operator dikarenakan dana yang kurang; (3) Upaya yang akan dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil untuk mengoptimalkan pelaksanaan program kartu identitas anak yaitu dengan menyewa wartawan agar meliput kegiatan sosialisai program kartu identitas anak dan dimuat di media online, serta menambah perangkat komputer, operator, penambahan dana untuk pengadaan blangko, dan membuat aplikasi pengambilan nomor antrian secara online. Kata Kunci: Anak, Kartu Identitas Anak, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 08 Oct 2019 04:34
Last Modified: 08 Oct 2019 04:34
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45455

Actions (login required)

View Item View Item