PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR (Penelitian Tindakan Kelas Tema 1 Indahnya Kebersamaan Pada Siswa Kelas IV SDN Magung 1 Tahun Pelajaran 2019/2020)

SANI SANTIKA DEWI, 155060158 (2019) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR (Penelitian Tindakan Kelas Tema 1 Indahnya Kebersamaan Pada Siswa Kelas IV SDN Magung 1 Tahun Pelajaran 2019/2020). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER FIX.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDO.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (501kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (519kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Dalam penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keaktifan siswa ketika mengikuti kegiatan proses pembelajaran, hal tersebut diakibatkan karena kurangnya kreativitas guru dalam mengemas sebuah model pembelajaran, yang terlihat dari hasil belajar siswa yang diperol eh kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang di laksanakan di SD Negeri Magung 01, yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 25 orang. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus yang terdiri atas (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Perencaan dimulai dengan melihat kondisi awas siswa, kemudian menyiapkan instrument-instrumen pembelajaran dan pengumpulan data. Instrumen pembelajaran terdiri dari rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kerja peserta didik, bahan ajar. Sedangkan instrumen pengeumpulan data terdiri dari lembar observasi rpp, lembar observasi pelaksanaan pembelajaran, lembar soal pretest dan posttest, dan lembar observasi sikap kerjasama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah penelitian ini dilaksanakan ada peningkatan dalam proses pembelajaran meningkat terlihat dari lebih meningkatnya hasil pembelajaran, kerja sama, toleransi, menjadi lebih aktif dalam mengikuti sebuah pembelajaran dan berani mengemukakan pendapat muncul cukup baik. Respon siswa terhadap pembelajaran cukup baik, terlihat dari situasi belajar di dalam kelas yang menyenangkan dan menjadi lebih aktif dari sebelumnya. Model Discovery Learning adalah suatu model untuk mengembangkan cara belajar aktif dengan menemukan sendiri, menyelidiki sendiri, maka hasil yang diperoleh akan setia dan tahan lama dalam ingatan. Metode penelitian yang digunakan ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Magung 1 sebanyak 25 siswa. hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan peningkatan pemahaman konsep dan sikap kerjasama siswa pada setiap siklusnya. Hasil penelitian pada siklus I rata-rata pemahaman konsep siswa yaitu 3,2 dengan persentase 82%(baik), pada siklus II 3,7 dengan persentase 92%(sangat baik), dan pada siklus III 3,9 dengan persentase 97% (sangat baik). Berdasarkan analisis data hasil penelitian yang diperoleh di lapangan maka dapat di simpulkan bahwa pembelajaran dengan model Discovery Learning pada pembelajaran tematik meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN Magung 1. Kata Kunci : Discovery Learning, Meningkatkan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 07 Oct 2019 09:14
Last Modified: 07 Oct 2019 09:14
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45423

Actions (login required)

View Item View Item