Anis Danesti, 155060150 (2019) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN 033 Asmi Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (217kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (325kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (81kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (183kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV A SDN 033 Asmi Bandung dengan jumlah siswa 28 orang yang terdiri dari 15 orang siswa laki-laki dan 13 orang siswa perempuan, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV A pada subtema Kebersamaan dalam Keberagaman dengan menggunakan model Discovery Learning. Keadaan siswa yang kurang dalam hasil belajar yang mencakup aspek afektif, kognitif dan psikomotor masih banyak yang dibawah KKM karena guru yang sering menggunakan metode ceramah dan belum menggunakan model Discovery Learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi dan dokumentasi. Pelaksanaan tindakan yang dilakukan sebanyak tiga siklus, secara keseluruhan sudah menunjukkan adanya peningkatan dari data awal proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari pertama adanya peningkatan dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (siklus I mencapai 64,5%, siklus II 72,87%, dan siklus III 91,62%) kedua, adanya peningkatan pelaksanaan pembelajaran (siklus I 60,37%, siklus II 74,75%, dan siklus III 93,62%) ketiga, adanya peningkatan sikap peduli (siklus I 30,35%, siklus II 62,49%, dan siklus III 91,06%) keempat, adanya peningkatan sikap santun (siklus I 35,71%, siklus II 58,92%, dan siklus III 89,28%) kelima, adanya peningkatan keterampilan (siklus I 30,35%, siklus II 66,07%, siklus III 87,49%) keenam, adanya hasil belajar (siklus I 42,85%, siklus II 67,85%, siklus III 92,85%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Discovery Learning terbukti dapat meningkatkan sikap peduli, sikap santun, keterampilan komunikasi serta hasil belajar siswa kelas IV A SDN 033 Asmi Bandung pada subtema Kebersamaan dalam Keberagaman. Dengan demikian, model Discovery Learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan dalam pembelajaran. Kata Kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 05 Oct 2019 06:28 |
Last Modified: | 05 Oct 2019 06:28 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45349 |
Actions (login required)
View Item |