PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SUBTEMA LINGKUNGAN DAN MANFAATNYA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SDN 033 Asmi Bandung)

Nur Annisaa, 155060143 (2019) PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SUBTEMA LINGKUNGAN DAN MANFAATNYA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SDN 033 Asmi Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDO.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (465kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada subtema lingkungan dan manfaatnya dengan menggunakan model Discovery Learning. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 033 Asmi Bandung dengan dilatarbelakangi keadaan siswa yang kurang menunjukkan keakifan selama proses pembelajaran serta prestasi belajar yang masih dibawah KKM yang disebabkan kurang terlibatnya siswa selama mengikuti proses pembelajaran, siswa yang kurang fokus dan guru kadang kurang tepat dalam merancang pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan adanya peingkatan. Hasil penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran siklsus I memperoleh nilai 2,95 dengan kategori baik (B). Siklus II memperoleh nilai 3,4 dengan kategori baik (B). Siklus III mendapatkan nilai 3,7 dengan kategori sangat baik (A). Hasil penilaian pelaksanaan pembelajaran Siklus I mendapatkan nilai 3,05 dengan kategori baik (B). Siklus II memperoleh nilai 3,45 dengan kategori baik (B). Siklus III mendapatkan nilai 3,9 dengan kategori sangat baik (A). Hasil penilaian keaktifan siswa siklus I memperoleh nilai 41,06%. Siklus II memperoleh nilai 63,50%. Siklus III mendapatkan 75,50%. Hasil belajar siklus I memperoleh nilai 53,57% yang mencapai KKM dan 46,42% yang belum mencapai KKM. Siklus II memperoleh nilai 75% mencapai KKM dan 25% belum mencapai KKM. Siklus III memperoleh nilai 85,71% yang mencapai KKM dan 14,28 belum mencapai KKM. Hasil penilaian sikap peduli dan santun, penilain sikap peduli Siklus I mendapatkan nilai yaitu 35,71% siswa yang sudah tuntas. Siklus ke II mendapatkan nilai yang sudah tuntas 50% siklus ke III mendapatkan nilai sebesar 85,71% yang sudah tuntas. Penilaian sikap santun siklus I mendapatkan nilai 37,49% siswa yang sudah tuntas. Siklus ke II mendapatkan nilai yang sudah tuntas yaitu 62,5% siklus ke III mendapatkan nilai sebesar 90% yang sudah tuntas. Dengan demikian penggunaan model Discovery Learning dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa di kelas V SDN 033 Asmi Bandung pada subtema lingkungan dan manfaatnya. Kata kunci : Discovery Learning, Keaktifan, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 05 Oct 2019 06:24
Last Modified: 05 Oct 2019 06:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45347

Actions (login required)

View Item View Item