PENGARUH MOTIVASI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA DIVISI PEMASARAN PT. MULTI TOP INDONESIA BANDUNG

Siti Hati Nursani, 152040009 (2019) PENGARUH MOTIVASI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA DIVISI PEMASARAN PT. MULTI TOP INDONESIA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (265kB) | Preview

Abstract

PT. Multi Top Indonesia merupakan anak perusahaan dari PT. Topindo Raya Sejati yang berada di Jalan Kopo Bihbul Nomor 2A Bandung. PT Multi Top Indonesia bergerak dibidang produksi dan pemasaran regulator high-end. Pada saat ini permasalahan yang dihadapi yaitu mengenai kepuasan kerja karyawan yang dimana kepuasan kerja karyawan mempengaruhi harapan perusahaan. Permasalahan tersebut diduga disebabkan oleh kurangnya motivasi yang diberikan oleh perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadap kepuasan kerja karyawan pada Divisi Pemasaran PT. Multi Top Indonesia Bandung. Metode yang digunakan adalah deskriptif analisis dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik kepustakaan dan lapangan yang meliputi: observasi, wawancara, dan agket secara teknik analisis data yng meliputi: uji validitas, uji realibilitas, analisis korelasi, regresi linier sederhana, korelasi product moment pearson dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh pada motivasi terhadap kepuasan kerja karyawan pada Divisi Pemasaran PT. Multi Top Indonesia Bandung. Analisis koefisien korelasi yang diperoleh melalui perhitungan koefisien korelasi sebesar 0.897. Pengujian regresi linier sederhana diperoleh hasil persamaan Y=0,372+0,438 X. Didapatkan koefisien determinasi sebesar 80,46%. Hal ini menunjukan bahwa motivasi memiliki pengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan, sisanya 19,54% adalah variabel-variabel diluar penelitian seperti gaji, lingkungan kerja, dan pengembangan karier. Hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan motivasi terhadap kepuasan kerja karyawan pada divisi pemasaran di PT. Multi Top Indonesia Bandung antara lain tidak terkontrolnya hubungan kerja antara karyawan dengan teman sejawatnya sehingga tidak kompak dan mempengaruhi omset penjualan barang dan kurangnya tindakan tegas perusahaan pada karyawan yang melalaikan pekerjaan/lalai untuk memenuhi kewajibannya. Usaha-usaha yang dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut adalah erusahaan mengadakan pertemuan antara GM (general manager), pimpinan cabang, dan sales setiap 3 bulan sekali dengan tujuan mempererat tali silaturahmi dan memberikan insentif materil kepada sales yang bisa mencapai omset penjualan lebih sebagai bentuk motivasi kepada karyawan dan penghargaan bagi karyawan. Kesimpulan dan saran yang dapat peneliti kemukakan yaitu motivasi yang dilakukan PT. Multi Top Indonesia Bandung belum optimal dikarenakan kurangnya kepuasan kerja pada karyawan Divisi Pemasaran yang dapat dilihat dari hasil kerja dan tanggung jawab karyawan. Saran yang diberikan peneliti yaitu sebaiknya perusahaan lebih memperhatikan karyawan-karyawannya dari segi hubungan pertemanan maupun dari kedisiplinan karyawan. Kata Kunci: Motivasi dan Kepuasan Kerja Karyawan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2015
Depositing User: Mr Iwan Ridwan Iwan
Date Deposited: 05 Oct 2019 03:10
Last Modified: 05 Oct 2019 03:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45342

Actions (login required)

View Item View Item