PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA (Penelitian Kuantitatif Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Desa Mekarsari Kecamatan Pasirjambu)

Hesti Pebriani, 155060141 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA (Penelitian Kuantitatif Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Desa Mekarsari Kecamatan Pasirjambu). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Bahasa Indonesia.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak bahasa inggris.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak bahasa sunda.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 Hesti Pebriani.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II Hesti Pebriani.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III Hesti Pebriani.pdf

Download (207kB) | Preview
[img] Text
BAB IV Hesti Pebriani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (399kB)
[img] Text
BAB V Hesti Pebriani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (29kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Media pembelajaran sangat berperan penting pada proses pembelajaran dikarenakan media merupakan jembatan untuk mencapai tujuan pembelajaran, namun penggunaan media pembelajaran masih sangat rendah dikarenakan beberapa faktor yang mempengaruhi seperti ketersediaan media, keterbatasan dalam penggunaan media serta pengadaan fasilitas di sekolah. Praktik pembelajaran di sekolah masih terfokus pada guru, sedangkan siswa masih belum terlibat aktif dalam pembelajaran. Secara umum, keaktifan siswa dalam pembelajaran tergolong rendah, hal ini terlihat dari siswa yang tidak banyak bertanya, aktivitas siswa terbatas pada pendengarannya, mencatat dan menjawab pertanyaan bila guru memberikan pertanyaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa besar pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap keaktifan belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan jenis Survey dan menggunakan pendekatan ex post facto. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa keaktifan belajar termasuk dalam kategori “Sedang” dengan rata-rata skor jawaban responden sebesar 101.1. Media pembelajaran termasuk dalam kategori “Sedang” dengan rata-rata skor jawaban responden sebesar 99.65. Didapatkan persamaan regresi yaitu Y = 4.846 + 0.764X . Penulis membuktikan adanya pengaruh yang signifikan antara media pembelajaran (X) terhadap keaktifan belajar siswa (Y) sebesar 36,96%, sedangkan sisanya sebesar 63,04% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model atau penelitian ini. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran memiliki pengaruh terhadap kaeaktifan belajar siswa karena dengan menggunakan media pembelajaran siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Keaktifan Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 04 Oct 2019 07:09
Last Modified: 04 Oct 2019 07:09
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45324

Actions (login required)

View Item View Item