PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN SELF-REGULATED-LEARNING SISWA SMK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONCRETE-PICTORIAL-ABSTRACT (CPA)

SUKAMIL, 155050002 (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN SELF-REGULATED-LEARNING SISWA SMK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONCRETE-PICTORIAL-ABSTRACT (CPA). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (633kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (841kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (295kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pencapaian peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Concrete-Pictorial-Abstract (CPA) lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran ekspositori; (2) mengetahui self-regulated-learning siswa yang memperoleh model pembelajaran Concrete-Pictorial-Abstract (CPA) lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran ekspositori; (3) mengetahui korelasi antara kemampuan representasi matematis dan self-regulated-learning siswa yang memperoleh model pembelajaran Concrete-Pictorial-Abstract (CPA). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain kelompok kontrol pretes-postes. Populasi dalam kajian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK MPV Ars Internasional Bandung. Untuk sampel penelitiannya terdiri dari 2 kelas. Diperoleh kelas X-TSM sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan model pembelajaran Concrete-Pictorial-Abstract (CPA) dan kelas X-TIK3 sebagai kelas kontrol yang mendapatkan model pembelajaran ekspositori. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal uraian tes kemampuan representasi matematis dan skala Self-Regulated-Learning. Data yang terkumpul kemudian diolah menggunakan IBM SPSS Statistics 23.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Concrete-Pictorial-Abstract (CPA) lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran ekspositori; (2) Self-regulated-Learning siswa yang memperoleh model pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Concrete-Pictorial-Abstract (CPA) lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran ekspositori; (3) Terdapat korelasi antara kemampuan representasi matematis dan self-regulated-learning siswa yang memperoleh model pembelajaran Concrete-Pictorial-Abstract (CPA). Kata Kunci: Concrete-Pictorial-Abstract, kemampuan representasi matematis, self-regulated-learning

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 03 Oct 2019 08:43
Last Modified: 03 Oct 2019 08:43
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45290

Actions (login required)

View Item View Item