STEM BERBASIS PBL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN MOTIVASI BELAJAR

Nina Faoziyah, NPM : 178060054 (2019) STEM BERBASIS PBL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN MOTIVASI BELAJAR. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
Artikel Tesis Nina Faoziyah (178060054).docx

Download (36kB)

Abstract

STEM berbasis PBL untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajarbertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis dan motivasi belajar siswa yang memperoleh pembelajaranSTEM berbasis PBLdengan siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis PBL. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed method tipe embedded design (penyisip) dengan populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas X SMK Muhammadiyah Kota Tegal tahun ajaran 2019/2020, sedangkan sampelnya dipilih dua kelas dari populasi tersebut yang dipilih secara acak kelas. Hasil penelitian menunjukkan kelas yang menggunakan pembelajaran dengan pendekatan STEM berbasis PBL nilai postes rata-rata 77, presentase mencapai KKM 78,125% dan presentase motivasi belajar siswa 80% . Sedangkan kelas yang menggunakan pembelajaran berbasi PBL nilai postes rata-rata 69, presentase mencapai KKM 40,625% dan presentase motivasi belajar siswa 73,125%. Pelaksanaan pembelajaran masing-masingmencapai ≥ 80%. Kesimpulan: pembelajaran STEM berbasis PBL lebih baik daripada pembelajaran berbasis PBL. Kata kunci:STEM, PBL, Pemecahan Masalah, Motivasi

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 03 Oct 2019 07:40
Last Modified: 03 Oct 2019 07:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45280

Actions (login required)

View Item View Item