ANALISIS SEMIOTIKA FILM A GIRL LIKE HER (Cyberbullying Bagi Perkambangan Mental Remaja)

Mochammad Luthfi Nugraha, 142050386 (2019) ANALISIS SEMIOTIKA FILM A GIRL LIKE HER (Cyberbullying Bagi Perkambangan Mental Remaja). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
1. BAB 1.docx

Download (18kB)
[img] Text
6. DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (14kB)
[img] Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.docx

Download (198kB)
[img] Text
5. COVER.docx

Download (60kB)
[img] Text
3. ABSTRAK 3 BAHASA.docx

Download (18kB)
[img] Text
2. BAB II.docx

Download (55kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Analisis Semiotika Film A Girl Like Her (Cyberbullying Bagi Perkembangan Mental Remaja). Film ini memiliki makna dan tanda-tanda yang dapat dimaknai sebagai wujud dalam memahami kehidupan. Analisis Semiotika Roland Barthes pada Film A Girl Liker Her. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui makna denotasi, makna konotasi, dan mitos dalam Film A Girl Like Her yang berhubungan dengan cyberbullying. Serta sebuah film tersebut dapat menyampaikan pesan pengaruh cyberbullying pada perkembangan mental remaja, dan bagaimana cara untuk mencegah terjadinya cyberbullying pada realitas media sosial di dalam masyarakat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang merupakan suatu penelitian yang mendalam. Metode penelitian kualitatif digunakan apabila masalah penelitian belum jelas memahami suatu makna yang tampak. Serta menggunakan teori Semiotika Roland Barthes untuk menganalisis maknamakna yang terdapat dalam setiap adegan pada Film A Girl Like Her dengan mengacu pada teori Kontruksi Realitas Sosial Peter L. Berger dan Luckman. Berdasarkan hasil penilitian, peneliti menarik kesimpulan bahwa film ini menjelaskan kejahatan cyberbullying dapat berpengaruh besar pada perkembangan mental remaja. Dampak cyberbullying tersebut dapat memberikan pelajaran yang dapat diambil. Hal-hal yang ingin peneliti rekomendasikan sebagai masukan yaitu untuk para pembuat perfilman ciptakanlah film-film yang mengangkat sebuah isu sosial, dan kepada penikmat film jadilah penonton yang bijaksana dan pilihlah film yang memiliki nilai edukasi untuk dipelajari.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2014
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 03 Oct 2019 07:16
Last Modified: 03 Oct 2019 07:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45276

Actions (login required)

View Item View Item