PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR (Penelitian Quasi Eksperimen pada Peserta Didik kelas IV SDN Giri Aji)

Riri Wiliantini Aan, 155060065 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR (Penelitian Quasi Eksperimen pada Peserta Didik kelas IV SDN Giri Aji). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover Skripsi.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN .pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B. INDONESIA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B.INGGRIS.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTARK B. SUNDA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (647kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (719kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (854kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (402kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan perbedaan Hasil B elajar pesera didik menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together pada Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman. Penelitian dilaksanakan di kelas IV SDN Giri Aji. Penelitian ini di latar belakangi dengan Keadaan peserta didik yang tidak aktif didalam pembelajaran sehingga hasil belajar peserta didik rendah dikarenakan Pendidik menggunakan metode ceramah, sedangkan dengan model pembelajaran Numbered Head Together belum pernah dilaksanakan. Dengan menggunakan Model Numbered Head Together dapat menjadikan siswa aktif, berpikir kritis, sistematis dan mandiri sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group. Pengumpulan data melalui observasi, tes dan dokumentasi. Tes yang digunakan berupa pretest dan posttest untuk mengambil data hasil belajar. Sampel yang digunakan yaitu kelas IVA sebagai kelas Eksperimen menggunakan model Numbered Head Together dan IVB sebagai kelas kontrol menggunakan model konvensional. Teknik pengolahan data yang dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, linearitas, homogenitas, uji Regresi linear sederhana, uji koefesien determinasi, uji Mann Whitney dan uji gain ternormalisai dilakukan dengan bantuan SPSS 16. Hasil analisis data pada penelitian ini adalah terdapat Pengaruh hasil belajar dengan menggunakan Model Numbered Head Together sebesar 29.9 % yang berkategori sedang melalui uji korelasi, koefisien determinasi dan terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai signifikan sebesar 0.000 maka dapat disimpulkan bahwa nilai sig. (2-tailed) 0.000 < 0.05 melalui uji Mann Witney berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian model pembelajaran Numbered Head Together memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa di kelas IV SD. Kata kunci : Numbered Head Together, hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 03 Oct 2019 07:11
Last Modified: 03 Oct 2019 07:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45275

Actions (login required)

View Item View Item