ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEUNTUNGAN KELOMPOK TANI UBI KAYU (Studi Kasus Pada Kelompok Tani “Mekar Tani” Di Desa Gandasoli Kecamatan Tanjungsiang Kabupaten Subang)

Anissa Fauzul Ilmi, 154030093 and Hj. Lella N. Irwan, SE.,MSi, Pembimbing I (2019) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEUNTUNGAN KELOMPOK TANI UBI KAYU (Studi Kasus Pada Kelompok Tani “Mekar Tani” Di Desa Gandasoli Kecamatan Tanjungsiang Kabupaten Subang). Skripsi(S1) thesis, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (48kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keuntungan Kelompok Tani Ubi Kayu (Studi Kasus pada Kelompok Tani “Mekar Tani” di Desa Gandasoli Kecamatan Tanjungsiang Kabupaten Subang). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh biaya pupuk kandang, biaya pupuk NPK, biaya tenaga kerja, harga jual dan luas lahan terhadap keuntungan yang diperoleh anggota Kelompok Tani “Mekar Tani” di Desa Gandasoli Kecamatan Tanjungsiang Kabupaten Subang. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis keuntungan usahatani yaitu selisih antara penerimaan yang diperoleh dari usahatani dengan semua biaya yang dikeluarkan untuk usahatani tersebut. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 105 orang petani ubi kayu. Pengambilan sampel penelitian menggunakan rumus Slovin maka diperoleh sampel sebanyak 51. Menurut analisis data menggunakan regresi linier berganda diketahui bahwa koefisien determinasi (R2) 0.838 menyatakan bahwa kemampuan model yang dibentuk oleh variabel bebas dalam memengaruhi variabel terikat adalah 83,8 persen, sedangkan sisanya 16,2 persen dijelaskan oleh variabel lain. Hasil analisis juga menunjukan bahwa secara simultan biaya pupuk kandang, biaya pupuk NPK, biaya tenaga kerja, harga jual dan luas lahan berpengaruh signifikan terhadap keuntungan yang diperoleh anggota Kelompok Tani “Mekar Tani” di Desa Gandasoli Kecamatan Tanjungsiang Kabupaten Subang. Secara parsial biaya pupuk kandang, biaya pupuk NPK, biaya tenaga kerja, harga jual dan luas lahan juga berpengaruh signifikan terhadap keuntungan yang diperoleh anggota Kelompok Tani “Mekar Tani” di Desa Gandasoli Kecamatan Tanjungsiang Kabupaten Subang. Kata kunci: Keuntungan Kelompok Tani Ubi Kayu, Biaya Pupuk Kandang, Biaya Pupuk NPK, Biaya Tenaga Kerja, Harga Jual, Luas Lahan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Studi Pembangunan 2015
Depositing User: Mr Farid -
Date Deposited: 03 Oct 2019 04:46
Last Modified: 03 Oct 2019 04:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45245

Actions (login required)

View Item View Item