PENGARUH KOMPETENSI MANAJERIAL, KEMITRAAN USAHA DAN JIWA KEWIRAUSAHAAN TERHADAP PENGELOLAAN DANA SERTA IMPLIKASINYA PADA KINERJA KEUANGAN. (SURVEY PADA BUMDES DI JAWA BARAT YANG TERDAFTAR DI KEMENTERIAN DESA, PEMBANGUNAN DAERAH TERTINGGAL DAN TRANSMIGRASI)

Sihabudin, NPM : 099113009 (2019) PENGARUH KOMPETENSI MANAJERIAL, KEMITRAAN USAHA DAN JIWA KEWIRAUSAHAAN TERHADAP PENGELOLAAN DANA SERTA IMPLIKASINYA PADA KINERJA KEUANGAN. (SURVEY PADA BUMDES DI JAWA BARAT YANG TERDAFTAR DI KEMENTERIAN DESA, PEMBANGUNAN DAERAH TERTINGGAL DAN TRANSMIGRASI). Disertasi(S3) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
artikel pa sihab.docx

Download (131kB)

Abstract

Abstrak : Penelitian ini lebih menekankan pada bidang ilmu manajemen khususnya manajemen keuangan. Kajiannya diarahkan pada analisis kompetensi manajerial, kemitraan usaha dan jiwa kewirausahaan yang berdampak pada pengelolaan dana serta implementasinya pada kinerja keuangan BUMDes di Jawa Barat yang tersertfikasi di Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Penelitian dibatasi kepada pengelola atau manajemen perusahaan dengan klasifikasi BUMDes. BUMDes yang diteliti berada di wilayah kabupaten di Jawa Barat, penentuan lokasi penelitian didasarkan kepada penetapan Jawa Barat sebagai wilayah percontohan Badan usaha Milik Desa Bersama (BUMDesa) dan Desa’Smart oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) pada tanggal 29 Agustus 2016. Hasil penelitian deskriptif menunjukan Jiwa Kewirausahaan (X3) lebih rendah dibandingkan dengan variabel bebas lainnya. Sedangkan skor rata-rata untuk variabel Kemampuan Pengelolaan (Y) lebih tinggi dibandingkan variabel lainnya. Dan variabel Kinerja Keuangan (Z) lebih rendah dibandingkan dengan variabel lainnya. Sedangkan hasil analisis jalur menunjukan Kompetensi Manajerial (X1) memberikan kontribusi yang paling dominan sebesar 34,26%, pengaruh terbesar kedua adalah Variabel Kemitraan Usaha (X2) dengan total pengaruh sebesar 33,08%. dan Variabel Jiwa Kewirausahaan (X3) memberikan kontribusi terlemah sebesar 7,68%. Hasil perhitungan Koefisien determinasi (R kuadrat) yang dinyatakan dalam persentase mengambarkan besarnya kontribusi semua variabel bebas sebesar 75,01%. Sedangkan faktor lain yang tidak diteliti dan turut mempengaruhi Kemampuan Pengelolaan ditunjukan oleh nilai PyЄ1 = 0,250 atau sebesar 25%. Sedangkan total pengaruh pengelolaan terhadap Kinerja Keuangan sebesar 84,4% dan faktor lain yang tidak diteliti dan turut mempengaruhi kinerja keuangan ditunjukan oleh nilai PyЄ2 = 0,156 KATA KUNCI : Kompetensi Manajerial, Kemitraan Usaha, Jiwa Kewirausahaan, Pengelolaan Dana Dan Kinerja Keuangan

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 02 Oct 2019 06:42
Last Modified: 02 Oct 2019 06:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45043

Actions (login required)

View Item View Item