PENERAPAN ALGORITMA SIREGAR DALAM PENYELESAIAN RELAXED FIXED CHARGE TRANSPORTATION PROBLEM (RFCTP)

Muhammad Qadar Ramadhansyah, 153010030 and Tjutju Tarliah Dimyati, ds and Yogi Yogaswara, DS (2019) PENERAPAN ALGORITMA SIREGAR DALAM PENYELESAIAN RELAXED FIXED CHARGE TRANSPORTATION PROBLEM (RFCTP). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan.

[img]
Preview
Text
Muhammad Qadar R_153010030_Teknik Industri.pdf

Download (301kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Persoalan transportasi merupakan salah satu persoalan distribusi barang yang juga termasuk ke dalam pemrograman linier khusus yang bertujuan untuk membuat rencana transportasi barang dari sejumlah sumber ke sejumlah tujuan. Persoalan transportasi memiliki berbagai persoalan, salah satunya adalah persoalan transportasi yang tidak hanya mempertimbangkan ongkos variabel, tetapi juga mempertimbangkan ongkos tetapnya atau biasa disebut dengan Fix Charge Transportation Problem (FCTP). Dalam pemodelannya, FCTP merupakan pemrograman linier yang melibatkan variabel 0 – 1 akibat dari adanya pengiriman dari sejumlah sumber ke sejumlah tujuan. Hal ini berpengaruh terhadap proses penyelesaiannya yang mana apabila jumlah variabel yang dilibatkan semakin banyak maka proses penyelesaiannya akan semakin kompleks atau biasa disebut NP-Hard. Oleh sebab itu, perlu adanya suatu metode heuristik yang cenderung lebih mudah dan lebih cepat dalam pengerjaannya. Balinski (1961) telah mengusulkan penggunaan relaksasi ongkos tetap atau Relaxed Transportation Problem (RTP) pada formulasi FCTP biasa sehingga model yang awalnya melibatkn variabel 0 – 1 menjadi pemrograman linier biasa atau dapat disebut dengan Relaxed Fix Charge Transportation Problem (RFCTP). Ketika persoalan FCTP telah berubah menjadi model pemrograman linier biasa, maka dapat digunakan metode heuristik persoalan transportasi biasa, salah satunya Algoritma Siregar (2005). Algoritma Siregar (2005) merupakan suatu metode transportasi guna mencari solusi fisibel yang terdiri dari pencarian calon variabel basis sampai ditemukannya variabel basis yang selanjutnya menjadi dasar dalam pembentukan matriks transportasi dan perhitungan total ongkos transportasi. Pada penelitian ini, ditunjukkan bahwa penerapan Algoritma Siregar dalam penyelesaian RFCTP lebih baik dibandingkan dengan pendekatan yang dilakukan oleh Altassan, dkk (2018) serta Balinski (1961) dalam menyelesaikan persoalan yang sama. Kata Kunci : FCTP, Relaksasi Ongkos Tetap, Algoritma Siregar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Uncontrolled Keywords: FCTP, Relaksasi Ongkos Tetap, Algoritma Siregar
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 02 Oct 2019 04:29
Last Modified: 02 Oct 2019 04:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45025

Actions (login required)

View Item View Item