SIKAP ORANG TUA PADA ANAK ABK ( Studi Deskriptif Kualitatif Sikap Orangtua Dalam Membentuk Konsep Diri Anak ABK-B Di SLB Negeri Cicendo Kota Bandung )

RIZA FAUZIA, 152050205 (2019) SIKAP ORANG TUA PADA ANAK ABK ( Studi Deskriptif Kualitatif Sikap Orangtua Dalam Membentuk Konsep Diri Anak ABK-B Di SLB Negeri Cicendo Kota Bandung ). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul SIKAP ORANG TUA PADA ANAK ABK (Studi Deskriptif Kualitatif Sikap Orangtua Dalam Membentuk Konsep Diri Anak ABK-B Di SLB Negeri Cicendo Kota Bandung). Pembentukan Konsep diri anak bisa dilihat dari perilaku komunikasi orangtua. Karena perilaku komunikasi orangtua adalah faktor yang signifikan dalam membentuk konsep diri anak. Pada dasarnya Anak akan belajar melalui interaksi dan pengamatannya dilingkungan. Sehingga ia terbentuk oleh pengetahuan nya sendiri yang akan menggiring ia berperilaku selanjutnya hingga membentuk konsep diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai bagaimana kognitif, afektif, konatif orangtua melalui perilaku komunikasinya terhadap Anak Berkebutuhan Khusus, sehingga dapat diketahui bagaimana konsep diri Anak Berkebutuhan Khusus tersebut. Penelitian ini dilakukan kepada orangtua dari siswa-siswi penyandang tunarungu yang bersekolah di SLB-B Negeri Cicendo Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teori Belajar Sosial (Social Learning Theory) dari Bandura. Selanjutnya, dalam memperoleh data peneliti menggunakan teknik wawancara dan observasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini, bahwa tidak semua anak bisa dikatakan mempunyai konsep diri positif ketika orangtua hanya memenuhi salah satu komponen positif dari komponen positif (kognitif, afektif, konatif), karena belum tentu orangtua memenuhi komponen yang lainnya. Begitu juga sebaliknya, bahwa tidak semua anak bisa dikatakan mempunyai konsep diri negatif ketika orangtua hanya memenuhi salah satu komponen negatif dari komponen positif (kognitif, afektif, konatif), karena belum tentu orangtua tidak memenuhi komponen lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2015
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 02 Oct 2019 01:30
Last Modified: 03 Oct 2019 03:20
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/44992

Actions (login required)

View Item View Item