IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBERDAYAAN TENAGA KERJA INDONESIA PURNA (TKI-PURNA) DI KOTA KUPANG PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR IMPLEMENTATION OF INDONESIAN EMPLOYEE EMPOWERMENT PROGRAM (TKI-PURNA) IN KUPANG CITY EAST NUSA TENGGARA PROVINCE

Salvino Yuan Dirgantara Lay, NPM : 168010012 (2019) IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBERDAYAAN TENAGA KERJA INDONESIA PURNA (TKI-PURNA) DI KOTA KUPANG PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR IMPLEMENTATION OF INDONESIAN EMPLOYEE EMPOWERMENT PROGRAM (TKI-PURNA) IN KUPANG CITY EAST NUSA TENGGARA PROVINCE. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
Jurnal Salvino Yuan Dirgantara Lay.docx

Download (372kB)

Abstract

Saat ini, kompetisi di dunia kerja sangatlah tinggi. Kondisi ketenagakerjaan di Indonesia tidak cukup menjanjikan dimana jumlah ketersediaan lapangan kerja kurang memadai dibandingkan dengan jumlah para pencari kerja yang tinggi. Pertumbuhan angkatan kerja dari tahun ke tahun menunjukan kenaikan yang cukup signifikan, sehingga diperlukan alternatif lain, yaitu ketersediaan lapangan pekerjaan yang dapat menyerap angkatan kerja yang ada. Penelitian ini berjudul Implmentasi Program Pemberdayaan Tenaga Kerja Indonesia Purna (TKI Purna) di Kota Kupang Nusa Tenggara Timur. Peneliti ingin mengetahui mulai dari bagaimana proses implementasi hingga bagaimana hasil dari implementasi kebijakan yang telah dilaksanakan oleh BP3TKI Kota Kupang sampai kepada kelebihan dan kekurangan dari pada proses implementasi program pemberdayaan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan analitif, karena dalam penelitian ini, peneliti memfokuskan pada implementasi program pemberdayaan TKI purna di Kota Kupang. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi dan observasi. Teori yang digunakan adalah teori George C Edward dengan menggunakan 4 alat ukur yaitu komunikasi, sumberdaya, disposisi dan struktur birokrasi. hasil penelitian ini ditemukan bahwa program pemberdayaan TKI Purna yang dilaksanakan oleh BP3TKI Kota Kupang yang jika dilihat dari indikator-indikator telah berjalan dan dilaksanakan dengan baik meskipun terdapat beberapa kekurangan yang kiranya dapat dipertimbangkan dalam evaluasi program tersebut. Kata Kunci: TKI Purna, BP3TKI Kota Kupang, Program Pemberdayaan.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Administrasi dan Kebijakan Publik 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 01 Oct 2019 06:52
Last Modified: 01 Oct 2019 06:52
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/44966

Actions (login required)

View Item View Item