PENERAPAN MODEL BRAIN BASED LEARNING (BBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP

NASYWA ASHRI UTAMI, 155050047 (2019) PENERAPAN MODEL BRAIN BASED LEARNING (BBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Lembar Pengesahan.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstract.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB II.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB III.pdf

Download (678kB) | Preview
[img] Text
3. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (889kB)
[img] Text
3. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img]
Preview
Text
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (322kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pencapaian peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model Brain Based Learning (BBL) lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (2) mengetahui self-efficacy siswa yang memperoleh model Brain Based Learning (BBL) lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (3) mengetahui efektivitas model Brain Based Learning (BBL) untuk kemampuan komunikasi matematis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi-eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 40 Bandung tahun ajaran 2019/2020. Untuk sampel penelitian diambil sebanyak dua kelas, diperoleh kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dengan perlakuan model pembelajaran Brain Based Learning (BBL) dan kelas VIII J sebagai kelas kontrol dengan perlakuan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari instrumen tes dan instrumen non-tes. Analisis data dengan menggunakan bantuan software IBM Statistical Product and Service Solution (SPSS) 20.0 for Window dan rumus cohen’s d untuk melihat efektivitas. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh: (1) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model Brain Based Learning (BBL) lebih tinggi secara signifikan daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (2) Self-efficacy siswa yang memperoleh model Brain Based Learning (BBL) lebih baik daripada self-efficacy siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (3) Efektivitas model Brain Based Learning (BBL) untuk kemampuan komunikasi matematis siswa tergolong ke dalam kategori besar. Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Model Pembelajaran Brain Based Learning (BBL), dan Self-efficacy

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 01 Oct 2019 06:35
Last Modified: 01 Oct 2019 06:35
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/44962

Actions (login required)

View Item View Item