NASYWA ASHRI UTAMI, 155050047 (2019) PENERAPAN MODEL BRAIN BASED LEARNING (BBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text
5. Lembar Pengesahan.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (260kB) | Preview |
|
|
Text
2. Abstract.pdf Download (283kB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB I.pdf Download (337kB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB II.pdf Download (454kB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB III.pdf Download (678kB) | Preview |
|
Text
3. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (889kB) |
||
Text
3. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) |
||
|
Text
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (322kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pencapaian peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model Brain Based Learning (BBL) lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (2) mengetahui self-efficacy siswa yang memperoleh model Brain Based Learning (BBL) lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (3) mengetahui efektivitas model Brain Based Learning (BBL) untuk kemampuan komunikasi matematis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi-eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 40 Bandung tahun ajaran 2019/2020. Untuk sampel penelitian diambil sebanyak dua kelas, diperoleh kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dengan perlakuan model pembelajaran Brain Based Learning (BBL) dan kelas VIII J sebagai kelas kontrol dengan perlakuan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari instrumen tes dan instrumen non-tes. Analisis data dengan menggunakan bantuan software IBM Statistical Product and Service Solution (SPSS) 20.0 for Window dan rumus cohen’s d untuk melihat efektivitas. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh: (1) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model Brain Based Learning (BBL) lebih tinggi secara signifikan daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (2) Self-efficacy siswa yang memperoleh model Brain Based Learning (BBL) lebih baik daripada self-efficacy siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (3) Efektivitas model Brain Based Learning (BBL) untuk kemampuan komunikasi matematis siswa tergolong ke dalam kategori besar. Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Model Pembelajaran Brain Based Learning (BBL), dan Self-efficacy
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 01 Oct 2019 06:35 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 06:35 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/44962 |
Actions (login required)
View Item |