ANALISIS PENGENDALIAN PRODUKSI DALAM UPAYA MEMINIMALISIR TINGKAT KEGAGALAN PRODUK PADA USAHA JAMUR TIRAM CIWIDEY BANDUNG (Studi Kasus Produk Jamur Tiram Periode 2015-2017)

Mukti Rizkianti Kartika, 152040165 (2019) ANALISIS PENGENDALIAN PRODUKSI DALAM UPAYA MEMINIMALISIR TINGKAT KEGAGALAN PRODUK PADA USAHA JAMUR TIRAM CIWIDEY BANDUNG (Studi Kasus Produk Jamur Tiram Periode 2015-2017). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
bab 1.docx

Download (42kB)
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (294kB) | Preview
[img] Text
bab 2.docx

Download (168kB)
[img] Text
abstrak.docx

Download (29kB)
[img] Text
daftar pustaka.docx

Download (20kB)
[img] Text
cover.docx

Download (86kB)

Abstract

Usaha jamur tiram merupakan UKM yang bergerak dalam bidang pertanian yang berlokasi di Desa Lebak Muncang, Kecamatan Ciwidey, Bandung. Pada saat penelitian, peneliti menemukan suatu permasalahan yang sedang dihadapi perusahaan yaitu pelaksanaan pengendalian produksi yang tidak terlaksana dengan baik dan masih tingginya angka kegagalan produk dalam pelaksanaan proses produksi. Permasalahan tersebut disebabkan oleh belum terlaksananya faktor-faktor proses produksi secara menyeluruh diantaranya faktor standar kontrol, tenaga kerja, motivasi, keuangan, bahan baku, mesin dan peralatan. Tujuan dilakukan penelitian adalah untuk mengetahui analisis pengendalian produksi dalam upaya meminimalisir tingkat kegagalan produk pada usaha jamur tiram di Ciwidey, Bandung. Metode penelitian yang digunakan ialah deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan berupa observasi non partisipan dan wawancara terstruktur. Teknik analisa data yang digunakan ialah dengan pengumpulan data, membagi data ke dalam sub grup, dan menghitung peta kendali P. Berdasarkan hasil penelitian, pada tahun 2015 angka kegagalan produk yang terjadi yaitu 1,31%, pada tahun 2016 angka kegagalan produk yang terjad sebesar 1,37%, sedangkan pada tahun 2017 hanya mencapai 1,11%. Hal ini menunjukan bahwa kegagalan produk pada UKM Jamur Tiram dari tahun ketahun bisa diminimalisir seminimal mungkin. Dari faktor-faktor kegagalan tersebut upaya untuk meminimalisir kegagalan-kegagalan produk sebagai berikut : melakukan pengawasan yang lebih ketat terhadap standar kontrol agar tidak ada kelalaian yang dilakukan tenaga kerja, memotivasi atau arahan secara langsung dan mengganti mesin yang lama atau tradisional menjadi yang lebih baru dan moderen dengan menambahkan modal dengan mencari investor-investor. Saran-saran yang dapat peneliti kemukakan ialah perusahaan sebaiknya menerapkan standar kontrol yang telah ditentukan oleh perusahaan secara teliti dan ketat agar lebih meningkatkan pengendalian produksi dalam melakukan pelaksanaan proses produksi guna mengurangi akan adanya produk yang mengalami kegagalan atau kerusakan yang disebabkan oleh faktor-faktor produksi. Kata kunci : Pengendalian produksi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2015
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 01 Oct 2019 03:18
Last Modified: 01 Oct 2019 03:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/44931

Actions (login required)

View Item View Item