PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI LEGENDA MENGGUNAKAN STRATEGI KNOW WANT TO LEARN AFFECT (KWLA) DALAM MEMBACA PEMAHAMAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VII MTS. PERSIS 30 CIBEDUG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

DEBI KHARISMA SAFITRI, 155030050 (2019) PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI LEGENDA MENGGUNAKAN STRATEGI KNOW WANT TO LEARN AFFECT (KWLA) DALAM MEMBACA PEMAHAMAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VII MTS. PERSIS 30 CIBEDUG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK INDO.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK ENG.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I - DEBI.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II - DEBI.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III - DEBI.pdf

Download (230kB) | Preview
[img] Text
BAB IV - DEBI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V - DEBI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini berdasarkan kepada rendahnya kemampuan membaca peserta didik di Indonesia. Pernyataan tersebut dibuktikan oleh hasil penelitian Jhon W. Miller tahun 2016 yang menyatakan bahwa Indonesia berada di urutan kedua terendah dalam kemampuan membaca. Untuk itu, perlu ada usaha untuk meningkatkan kemampuan membaca peserta didik salah satunya adalah dengan menggunakan strategi membaca. Dari permasalahan tersebut, penulis berkeinginan untuk melakukan penelitian pada peserta didik kelas VII MTs. Persis 30 Bandung, dengan memfokuskan penelitian pada membaca pemahaman. Pada penelitian ini penulis menguji sebuah strategi membaca pemahaman, yakni Know Want to Learn Affect (KWLA). Penelitian ini menggunak an metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian kuasi eksperimen dengan tipe non-equivalent control group design. Untuk itu terdapat dua kelas yang menjadi subjek peneliatian, yakni kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol masing-masing berjumlah 24 orang. Perolehan nilai rata-rata prates yang diperoleh peserta didik pada kelas eksperimen sebesar 21,0 dan hasil pascates memperoleh hasil nilai rata-rata sebesar 73,4. Perbedaan tersebut menunjukan selisih sebesar 5 2,4. Berdasarkan nilai tersebut, dapat diketahui bahwa peserta didik mengalami peningkatan dalam pembelajaran mengidentifikasi informasi legenda. Selain itu, hasil uji statistik pun menunjukan adanya efektivitas dalam menggunakan strategi KWLA. Dibuktikan pada uji Mann-Whitney dan data Gain, nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 artinya kurang dari 0,05 maka Ha dinyatakan diterima. Kata kunci: membaca pemahaman, mengidentifikasi informasi, teks legenda, KWLA

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 30 Sep 2019 06:58
Last Modified: 30 Sep 2019 06:58
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/44665

Actions (login required)

View Item View Item