DEBI KHARISMA SAFITRI, 155030050 (2019) PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI LEGENDA MENGGUNAKAN STRATEGI KNOW WANT TO LEARN AFFECT (KWLA) DALAM MEMBACA PEMAHAMAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VII MTS. PERSIS 30 CIBEDUG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (291kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK INDO.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK ENG.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRAK SUNDA.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I - DEBI.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II - DEBI.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III - DEBI.pdf Download (230kB) | Preview |
|
Text
BAB IV - DEBI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V - DEBI.pdf Restricted to Repository staff only Download (101kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (95kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berdasarkan kepada rendahnya kemampuan membaca peserta didik di Indonesia. Pernyataan tersebut dibuktikan oleh hasil penelitian Jhon W. Miller tahun 2016 yang menyatakan bahwa Indonesia berada di urutan kedua terendah dalam kemampuan membaca. Untuk itu, perlu ada usaha untuk meningkatkan kemampuan membaca peserta didik salah satunya adalah dengan menggunakan strategi membaca. Dari permasalahan tersebut, penulis berkeinginan untuk melakukan penelitian pada peserta didik kelas VII MTs. Persis 30 Bandung, dengan memfokuskan penelitian pada membaca pemahaman. Pada penelitian ini penulis menguji sebuah strategi membaca pemahaman, yakni Know Want to Learn Affect (KWLA). Penelitian ini menggunak an metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian kuasi eksperimen dengan tipe non-equivalent control group design. Untuk itu terdapat dua kelas yang menjadi subjek peneliatian, yakni kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol masing-masing berjumlah 24 orang. Perolehan nilai rata-rata prates yang diperoleh peserta didik pada kelas eksperimen sebesar 21,0 dan hasil pascates memperoleh hasil nilai rata-rata sebesar 73,4. Perbedaan tersebut menunjukan selisih sebesar 5 2,4. Berdasarkan nilai tersebut, dapat diketahui bahwa peserta didik mengalami peningkatan dalam pembelajaran mengidentifikasi informasi legenda. Selain itu, hasil uji statistik pun menunjukan adanya efektivitas dalam menggunakan strategi KWLA. Dibuktikan pada uji Mann-Whitney dan data Gain, nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 artinya kurang dari 0,05 maka Ha dinyatakan diterima. Kata kunci: membaca pemahaman, mengidentifikasi informasi, teks legenda, KWLA
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 30 Sep 2019 06:58 |
Last Modified: | 30 Sep 2019 06:58 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/44665 |
Actions (login required)
View Item |